4 Tanda-Tanda Kamu Belum Menjadi ‘Dirimu’

Gambar: Diambil dari mini lessons di instagram @rasa.bersama

Dalam hidup yang terkadang sulit ini, satu-satunya yang kita miliki dan bisa menolong diri kita adalah diri sendiri. Maka untuk mengarungi perjalanan penuh rintangan, kamu harus percaya dengan dirimu sendiri.

Jangan sampai kamu memiliki tanda-tanda kalau kamu itu belum menjadi diri kamu sepenuhnya. Memangnya apa tanda-tanda yang dimaksud? Yuk simal artikel di bawah ini!

  1. Bersembunyi Dibalik Topeng

Ketika kamu menyembunyikan dirimu di belakang topeng yang disebabkan oleh ketakutan karena orang lain tidak menerima kamu, seringkali kamu memilih untuk meniru orang lain hingga mengorbankan dirimu sendiri karena kecemasanmu.

Baca Juga  Nostalgia: Terkoneksi Dengan Inner Child

Apakah kamu sadar kalau kamu sedang membohongi diri sendiri? Mau sampai kapan?

2. Minder

Apakah kamu sering merasa minder ketika di depan teman-temanmu?

Mungkin kamu merasa hidup mereka sempurna sedangkan kamu tidak. Padahal, kita semua punya sesuatu yang kita perjuangkan masing-masing. Mungkin perjuangan kita tidak terlihat orang lain, tapi bukan berarti tidak ada.

3. Overthinking

“Kenapa aku kaya gini?”

“Kenapa aku nggak bisa lebih baik?”

Baca Juga  Talk the Peace with Bill Hamilton (Amerika) and Cecilia (Kanada)

“Kenapa aku buruk banget?”

Ketika kamu sering bertanya demikian, mungkin kamu sedang ditipu sama overthinking-mu itu. Ya, terkadang terlalu memaksakan diri sendiri, terlalu menganalisa perilaku, sampai berujung penyesalan.

4. Impulsif

Impulsif ini hadir karena merasa dirimu tidak pernah cukup, kamu juga membuat ekspetasi yang tidak realistis, dan berusaha mati-matian mengejarnya.

Padahal kondisi diri kamu juga sedang tidak percaya dengan dirimu sendiri. Maka tunggulah saja bom waktunya, seperti sisi rapuh, sensitif, mudah tersinggung, akan mencuat dengan sendirinya begitu kamu sudah tidak tahan lagi dengan semuanya.

Baca Juga  Orang Muda di Jalur Pendidikan Islam Part. 1

In the end of the day, kamu mungkin akan merasa hampa karena kehilangan identitas. Kamu juga mungkin lelah karena bergantung pada validasi dan pengakuan orang lain.

Sudahi bermain peran, karena nggak ada peran yang cocok selain menjadi dirimu sendiri.

Sudahkah kamu menjadi diri sendiri?


Mini Lessons ini dipersembahkan oleh Kelompok Avatar dari proyek Peace Sociopreneur Academy (PSA), yang merupakan kolaborasi antara PeaceGeneration Indonesia, CONVEY Indonesia, PPIM UIN Jakarta, dan UNDP.


Mini Lessons lainnya dapat kamu nikmati di @rasa.bersama ya!

 

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!