5 Manfaat Bermain Wawuh Boardgame

Foto: Wawuh Boardgame

Wawuh Boardgame menceritakan kehidupan pendudukan di Planet Mino yang sangat menderita yang disebabkan oleh kedatangan Raja Oritas dan pengikutnya. Penduduk Mino percaya bahwa setelah zaman kegelapan akan datang yang dijanjikan bernama “Al-Wawuh”.

Wawuh Boardgame ini digunakan sebagai salah satu media untuk mengajarkan dan mempromosikan perdamaian. Bukan hanya seru dan mengasikan, dalam permainan ini juga terdapat pesan-pesan yang ingin disampaikan.

Dalam boardgame ini terdapat 55 kartu yang terdiri dari 14 kartu kelompok atau kartu misi, 35 kartu kebutuhan, 3 kartu virus dan 3 kartu Go Peace. Boardgame ini bisa dimainkan oleh 3-5 pemain dan bisa selesai dalam waktu 30 menit untuk dua kali permainan.

Baca Juga  Ruang Sendiri dan Kesempatan Berevolusi

Pemain diarahkan untuk mengumpulkan kartu kebutuhan agar bisa mendapatkan poin. Pemain yang bisa mengumpulkan 100 poin akan dinobatkan sebagai Al-Wawuh. Selain itu, pemain juga dapat membantu pemain lain dalam mengumpulkan kartu kebutuhan.

Namun, jika tidak ada satu pun pemain yang berhasil mengumpulkan sampai 100 poin, maka Raja Oritas masih tetap berkuasa dan penjajahan di Planet Mino masih terus terjadi. Bagaimana menentukan Al-Wawuh? Bisa kita cari jawabannya saat memainkan permainan ini.

Baca Juga  AoP (Agent of Peace) Gathering Club IAIN Purwokerto

Manfaat Bermain Boardgame

Sebuah studi menunjukkan boardgame memberikan manfaat kognitif seperti mempertajam memori, membangun kemampuan penalaran, meningkatkan kemampuan berlogika, melatih kebersamaan dan kesejahteraan mental.

Shuffle.id, sebuah perpustakaan boardgame di Bandung menyebutkan ada lima manfaat utama bermain boardgame.

  1. Sebagai detox gadget yang dapat mengendalikan kecanduan terhadap gadget sehingga waktunya dapat dihabiskan dengan lebih berkualitas.
  2. Melatih fokus dalam mendengarkan dan mencapai tujuan.
  3. Pengendalian emosi, karena dalam sebuah permainan menang dan kalah adalah hal yang biasa.
  4. Melatih untuk mengejar kemenangan dengan cara berkompetisi.
  5. Sarana belajar yang menyenangkan, karena belajar matematika, bahasa, strategi manajemen waktu dapat dipelajari dengan cara yang lebih menyenangkan melalui boardgame
Baca Juga  Kenali Tanda Ini untuk Tindakan Pencegahan Bunuh Diri

Peace People penasaran dengan boardgamenya? Dapatkan secara offline melalui jaringan komunitas atau dapatkan secara langsung di Peace Generation!

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!