Agent of Peace Summit 2021: Pelajaran Berharga dari Mendaki Gunung Perdamaian – Newsletter Edisi #15

Agent of Peace
Ilustrasi: cupoftiw_

“Semoga para Agent of Peace dapat memandu dan mengantarkan banyak orang untuk mendaki dan sampai pada puncak perdamaian”

Tinggal beberapa langkah lagi Sir Edmund Hillary dan Tenzing menapakkan kakinya di puncak Everest.

Tenzing sebagai seorang pemandu yang berjalan lebih depan, mempersilakan Edmund Hillary untuk lebih dulu menapakkan kakinya di puncak tertinggi di planet ini.

Saat ditanya para wartawan, mengapa Tenzing tidak duluan menapakkan kakinya di puncak, padahal jika mau, Tenzing bisa menjadi orang pertama dalam sejarah yang menaklukkan puncak Everest.

Tetapi Tenzing tidak melakukannya. Karena tugas Tenzing adalah membantu Sir Edmund Hillary mewujudkan impiannya menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di puncak Everest.

Kisah Tenzing dan Sir Edmund Hillary bukan sekadar kisah pendakian gunung. Tapi juga kisah tentang mendaki gunung-gunung kehidupan. Kisah tentang kerjasama, kerendahan hati, perjuangan, dan menaklukkan diri.

Dengan semangat itu, selama 5 hari dari tanggal 5 Juli 2021 sampai tanggal 10 Juli 2021 Agent of Peace berkumpul dalam acara Agent of Peace (AoP) Summit 2021. Para Agent of Peace dari 108 kota dan 11 negara melakukan pendakian gunung perdamaian. 

Ditemani para pemandu, 811 pendaki melewati beberapa pos. Di setiap pos mereka belajar beragam jurus-jurus perdamaian dari para Suhu.

Mulai dari belajar inner peace bersama psikolog, ngobrol tanpa prasangka di Warung Kang Wawan, hingga belajar menciptakan perubahan yang berdampak nyata bersama Suhu Oktora Irahadi. 

Meskipun pendakian ini dilakukan secara virtual, AoP Summit ini memberikan pengalaman berbeda dengan nge-zoom biasa. Dengan sentuhan gamifikasi dan penataan acara yang apik, para peserta merasakan seolah-olah sedang mendaki gunung sungguhan.

“Acaranya bagus banget. Nambah ilmu. Saya belajar bahwa menerima diri sendiri adalah langkah awal dari proses menuju inner peace. Di masa pandemi ini juga tidak menjadi halangan untuk tetap belajar dan bermain. Materi tentang board game juga sangat menarik. Bisa main game sambil belajar online itu bahagia banget. Apalagi pas sesi game terakhir, lucu dan seru banget bisa interaksi sama temen-temen yang lain.” —Peserta AoP Summit 2021

Baca Juga  Story Of Changes Fasilitator- Gherry (AOP Banten)

Covid telah memaksa kita untuk mengeksplorasi beragam keterbatasan menjadi ketakterbatasan. Covid tak menjadi halangan para Agent of Peace untuk membantu ribuan orang mendaki gunung perdamaian.

Selama covid, para Agent of Peace terus mengajarkan dan menyebarkan perdamaian di seluruh Indonesia.

Akbar Musfatir, Agent of Peace Makassar, adalah salah seorang pendaki gunung perdamaian yang tak kenal lelah. Telah ribuan anak muda ia antarkan mendaki gunung perdamaian.

Dia menginisiasi berbagai aktivitas pendidikan perdamaian. Atas keteguhan dan konsistensinya, pada hari terakhir pendakian di AoP Summit 2021 Akbar dinobatkan sebagai AoP of The year.

Seperti kisah Tenzing yang mengantarkan Edmund Hillary, semoga para Agent of Peace dapat memandu dan mengantarkan banyak orang untuk mendaki dan sampai pada puncak perdamaian.

UNDUH NAWALA

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!