AoP Outreach ke Tim Banten

5 – 6 Juli Juli 2020, Koordinator Agent of Peace mengadakan kunjungan ke Tim Chapter Banten. Kunjungan ini bertujuan untuk lebih memahami kondisi Tim Chapter Banten dan memberikan dukungan moril kepada Tim Chapter Banten.

Setelah korona menurun statusnya sehingga memasuki New Normal, Tim Banten ingin berkumpul dan menyambung koneksi lagi antar Tim dengan mengadakan Team Bonding ke Pulau Kecil Merak.

Pada tanggal 6 Juli pagi, Tim dari berbagai daerah semua bertemu di satu titik bertemu dan bareng-bareng secara convoy dengan motor masing-masing menuju Pulang Merak Kecil. Sesampai di tempat, kami butuh menyebrang laut dengan menaiki sampan kecil.

Kemudian kami lanjut masuk ke agenda inti yaitu sesi Refleksi dan berbagi.

Hayati sebagai Koordinator AoP diminta untuk membawakan sesi refleksi. Pertanyaan yang diberikan adalah bagaimana anda bertemu PeaceGen? Apa dampak PeaceGen untuk hidup anda? Apakah PeaceGen masih relevan untuk dilanjutkan?

Baca Juga  Peace Family: Gaya Baru Peace Generation

Teman-teman berefleksi jawabannya sambil menyiapkan makan siang dengan bakar-bakar ikan di sebagai menunya.

Setelah istirahat makan siang, tibalah saat berbagi. Semua tim berbagi cerita hiudpnya sangat dalam, jujur, apa adanya, dan sangat terbuka.

Diantara sharing Tim PeaceGen Banten adalah:

“Di PeaceGen, saya belajar mendengarkan. Ternyata keterampilan mendengarkan sama pentingnya atau keterampilan menyuarakan. Dan di PeaceGen saya benar-benar meras bisa menjadi diri saya apa adanya”.

“Menurut saya, PeaceGen sudah menolong hidup aku. Waktu saya di titik kritis atau terbawah dalam hidupku, saya datang PeaceGen, saya sudah ada 2 pilihan, apakah mau ke tempat hiburan atau mengakhiri hidupku? Saya sudah tidak kuat lagi melihat dan menghadapi masalah di keluarga saya. Tetapi saya diajak ngobrol sama satu Tim atau senior di Chapter Banten, bagi saya, dia sangat menolong saya, akhirnya saya tetap tinggal di sekretariat Chapter dan tidak jadi dengan pikiran-pikiran anehku. Puji Tuhan saya terselamatkan dan saya merasa ini berkat persahabatan kita di PeaceGen. Terima kasih teman-teman”.

Baca Juga  Musyawarah Pembentukan Tim Kelurahan

“Saya di PeaceGen berawal dari kecurigaan saya tentang sebenarnya apa ini semua, saya kira PeaceGen ini akan mengajarkan saya konsep-konsep radikal atau aliran sesat lainnya. Saya penasaran dan saya terus mengikuti trainingnya. Ternyata inilah yang saya butuhkan, 12 NDP saangat menampar diri saya dengan pengalaman saya. Saya merasa butuh terus belajar dan menyebarkannya pada yang lain, sehingga saya memutuskan untuk menjadikan tim disini sebagai Chapter resmi dari PeaceGen pusat.”

Setelah agenda berbagi, Hayati menuturkan, “Saya sangat tersentuh dan kaget dengan semua perjalanan dan cerita hidup teman-teman yang sangat wow sekali menurut saya…. Terima kasih banyak sudah percaya dan terbuka dengan perjalanan hidup teman-teman dan memberikan insight atau pesan tersendiri dari cerita teman-teman, keren banget…. Saya yakin ini akan merekatkan hubungan kita di Tim Chapter. Dengan lebih faham dan memiliki koneksi yang bagus antar tim, tim akan kuat dan akan mengurangi dinamika konflik yang akan muncul”.

Baca Juga  Mempertahankan Hubungan di Tengah Pandemi

Acara diakhiri dengan saling memberikan pelukan tim cowok ke cowok dan cewek ke cewek sebagai tanda appresiasi waktu yang sudah diluangkan bareng-bareng untuk acara ini dan penguatan dari setiap cerita yang dibagikan ke forum refleksi tadi.

Terima kasih Tim Chapter Banten yang sudah menerima kunjungan kami Koordiantor AoP PeaceGeneration Indonesai. Lanjutkan…

Keesokannya Tim Banten melakukan Training Anti Bully bersama Hayati, selengkapnya baca disini

 

Oleh Hayati