AoP Palu persiapkan Breaking Down The Walls 2020


Agent of Peace Bandung dan Palu menggelar kegiatan Training of Fasilitator di Ruang Pertemuan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Palu, Jumat (29/11/2019). Kegiatan dengan tema Training of Fasilitator ini dilakuakn guna mendukung program “Breaking Down The Walls (Menjaga Toleransi, Merawat Damai).

Breaking Down the Walls (BDW) adalah program PeaceGen yang mempertemukan dua sekolah yang berbeda latar belakang agama atau etnis untuk saling belajar, mendengarkan, dan saling berdialog untuk meruntuhkan tembok prasangka dan menciptakan rasa aman dan percaya satu sama lain.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat menyelenggarakan kegiatan ini, berawal dari men-training beberapa fasilitator dari Chapter Sulteng untuk mengimplementasikan ke guru-guru SMA serta siswa yang telah di rekomendasikan oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tengah” jelas Senior Trainer PeaceGen, Miftahul Huda.

PeaceGen berharap dengan adanya kegiatan Breaking Down the Walls (BDW) ini akan membantu menghilangkan asumsi-asumsi buruk di kalangan anak muda terkait perbedaan, agama, etnis, atau kelompok.

“Hadirnya konflik memang didasari dari pengetahuan pendidikan perdamaian yang minim, maka generasi muda yang ada di daerah tersebut sangtlah perlu mendapatkan edukasi mulai dari bangku sekolah,” tambah Miftahul Huda.

Di tempat yang sama, perwakilan guru dari SMA Negeri 3 Palu mengatakan sangat terbantu adanya kegiatan tersebut. “Dengan adanya kegiatan ini semakin membuka wawasan saya serta teman-teman yang lain. Sehingga kita sebagai guru dapat menyadarkan pada beberapa pelajar untuk dapat berdamai dengan segala konflik yang akan menimpahnya” tuturnya.
Sebagai tindak lanjut dirinya juga akan mengajarkan ke beberapa rekan-rekan guru serta teman-teman yang lainnya akan indahnya perdamaian itu.