AoP Riau Beraksi!

5 Mahasiswa sebagai delegasi UIN SUSKA RIAU yaitu Syaprul, Yati, Ulan, Liza dan Zulhendri sebagai mahasiswa peduli toleransi, perdamaian dan keragaman sangat berupaya keras agar dapat mengikuti kegiatan PeaceCamp di Pulau Nasi, Aceh. Mereka sangat antusias tentunya dalam mencari bantuan dana agar mendapatkan 12 Nilai Dasar Perdamaian yang luar biasa pengaruhnya dalam meminimalisir konflik yang ada di Indonesia.

Diawal perjuangan tanpa ada kata menyerah mereka berangkat dengan dana secukupnya menggunakan transportasi bis dari Riau menuju Aceh. Perjalanan ini menghabiskan waktu selama 42 jam perjalanan. Hari demi hari mereka lewati, lelah dalam perjalanan tak menyurutkan semangat perjuangan mereka. Saat kegiatan berlangsung mereka berusaha maksimal dalam mengambil ilmu 12 NDP tersebut guna disebarkan lagi di daerah mereka, yaitu RIAU.

Sepulang dari PeaceCamp Aceh, 5 mahasiswa ini merasa terpanggil untuk mengajarkan dan segera berbagi ilmu dengan mahasiswa lain di UIN SUSKA RIAU. Bagi mereka, “Ilmu yang didapat dengan penuh perjuangan tersebut harus segera disebarkan lagi ke orang lain”. Tak butuh waktu lama, niat baik mereka terlaksana tepat 1 bulan setelah kepulangan dari Aceh.

Kegiatan 12 NDP di Riau berlangsung pada tanggal 21-22 Desember 2019. Peserta yang mengikutinya sebanyak 30 orang yang didukung oleh ISAIS (Institute for Southeast Asian Islamic Studies) UIN SUSKA RIAU. Kegiatan berlangsung sangat menarik dan lancar tentunya. Setiap nilai selalu diikuti dengan aktivitas bermain boardgame. Pemberian 12 NDP dikemas dalam bentuk yang sangat kreatif sehingga tidak membosankan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain belajar dari 12 NDP, peserta juga saling belajar dari cerita  peserta lain.

 

Salam damai Agen of Peace Riau

Syaprul, Yati, Ulan, Liza dan Zulhendri