AoP Riau: Millenial Moderat dalam Menyikapi Gerakan Ekstrimisme

Pekanbaru, 05 Oktober 2020, AoP Riau berkolaborasi dengan ISAIS UIN Suska Riau, mengadakan webinar nasional dengan tema: Millenial moderat dalam menyikapi gerakan ekstrimisme. Tema yang diambil ini merupakan hal yang sangat penting untuk di angkat dan didisukusikan mengingat peran penting kaum millenial sebagai generasi penerus dan pelurus  bangsa dalam menghadapi ancaman perpecaahan serta gerakan-gerakan yang terindikasi melakukan kekerasan.

Webinar Nasional ini dilaksanakan via zoom meeting dimulai pukul 08.30 – 12.00 (WIB). Peserta yang hadir dari berbagai penjuru Indonesia dengan jumlah partisipan sebanyak 55 orang, mewakili Aceh, Padang, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Ambon, Maluku, Papua, Kalimantan dan sebagainya.

Baca Juga  Mari ikut bertanggung jawab dengan TIDAK MEMBIARKAN bully terjadi

Dalam kegiatan webinar nasional ini, menghadirkan 2 orang pembicara yang tentunya memiliki ilmu dan pengalaman dibidang ini. Pembicara pertama yaitu Bapak Yamres Pakniany yang merupakan seorang dosen IAKN Ambon dan juga sebagai Founder Rumah Baper (Bawa Perubahan). Adapun pembicara selanjutnya yaitu Kang Irfan Amalee yang merupakan Co-Founder Peace Generation Indonesia. Kemudian yang menjadi modertor yaitu Zulhendri yang tergabung dalam AoP Riau.

Baca Juga  Award ke-12 Hadiah untuk Ulang Tahun PeaceGen ke-12

Setelah pembicara menjelaskan materi mengenai peran milenial dalam menyikapi gerakan ekstrimisme, dibuka sesi tanya jawab yang saangat interaktif antara pembicara dan peserta webinar. Dari beberapa pertanyaan yang diajukan peserta, dapat diambil beberapa point yang harus dilakukaan generasi milenial dalam menyikapi gerakan ekstrimisme yaitu kita selaku generasi millenial harus faham akan moderasi beragama yang merupakan salah satu faktor yang dapat menimbulkan munculnya gerakan-gerakan ekstrimisme. Selain itu generasi millenial yang tak lepas dari pengaruh media sosial harus mampu memfilter informasi-informasi yang bertebaran di media sosial seperti saat sekarang ini.

Baca Juga  AoP Palu Persiapkan Breaking Down The Walls 2020

Menurut kedua pembicara, webinar yang dilaksanakan ini sangatlah bagus sebagai media untuk meningkatkan pengetahuan bagi generasi milenial dalam mengantisipasi gerakan ekstrimisme yang bisa saja muncul ditengah-tengah kita dan sebagai ruang perjumpaan dan menghubungkan orang-orang dari Aceh hingga Papua. Besar harapan kami AoP Riau agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali dengan tema lainnya yang menarik dan bermaanfaat bagi banyak orang

Penulis:

Syaprul Alamsyah, Zulhendri, Nurhayati Nupus, Futri Ulandari (Tim AoP Riau)