Menanamkan Nilai Perdamaian di Sekolah Melalui Bimbingan Konseling

Nilai perdamaian
Foto: Kegiatan Peace Camp Bandung

Nilai perdamaian yang saya pelajari di PeaceGen bagaikan candy peace. Karena dibalik setiap bungkus permen pasti ada sesuatu yang manis, begitupun nilai perdamaian yang ditebarkan PeaceGen.

Berawal dari bincang-bincang tentang program Bimbingan Konseling (BK) di sekolah, koordinator BK saya, Ibu Tri, bercerita tentang sebuah komunitas yang membawa misi perdamaian, yaitu Peace Generation.

Sambil memberikan buku-bukunya, Ibu Tri langsung mengajak saya untuk ikut serta pada kegiatan pelatihan 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP) yang pada saat itu belum tau waktu pelaksanaanya.

Saya melihat isi buku 12 NDP yang sangat runut dan syarat dengan tema-tema keberagaman dan nilai perdamaian. Kata-katanya penuh dengan doa.

Training 12 Nilai Dasar Perdamaian

Tepat di bulan Mei 2017 PeaceGen mengadakan training 12 NDP dengan guru-guru di seluruh Indonesia selama 3 hari. Kebetulan saat itu Ibu Tri menjadi fasilitator.

Saat training, nilai-nilai perdamaian dari buku 12 NDP dibedah dan dipraktekkan oleh masing-masing kelompok. Kami berbaur dari berbagai suku, budaya, etnis dan agama.

Menariknya setiap aktivitas selalu ada kesan menarik yang saya dapatkan. Saya melihat sungguh indah sekali hidup dalam harmoni perdamaian. Sampai di sesi sharing pun saya tanpa ragu menceritakan kehidupan yang saya jalani dalam keluarga dengan dua perbedaan agama Khatolik dan Islam.

Ayah saya seorang Khatolik sampai saat ini. Kadang kami berselisih, namun tak lama kami berdamai kembali. Sepulang dari training tersebut saya membawa cerita perdamaian kepada ayah saya. Beliau sangat tertarik membaca bukunya.

Saya bertekad memberikan 12 NDP kepada peserta didik saya di sekolah, karena memang sejak 2016 sekolah kami menjadi pilot project penerapan 12 NDP.

Mempelajari dan mempraktikan nilai perdamaian bukan hal yang mudah, namun sangat mungkin diwujudkan apabila kita memilki NIAT dan TEKAD yang kuat.

Apalagi ketika kita ingin berdamai dengan diri sendiri, karena itu kunci utama yang nantinya akan terpancar ke orang-orang sekitar kita.

12 NDP membuat diri saya selalu berfikir positif terhadap diri sendiri dan orang lain serta lebih tenang dalam menyelesaikan masalah.

Anugerah yang luar biasa tahun 2021 ini saya menjadi bagian dari trainer Peace Acedemy. Hal ini memberikan peluang emas bagi saya untuk lebih memperkenalkan nilai-nilai perdamaian ke berbagai tingkat satuan pendidikan, masyarakat luas dan syukur-syukur sih bisa mendunia bersama tim PeaceGen- nya…Amiin YRA.

Salam Peace. There is no way to peace. Peace is the way.

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!