Bimbingan Konseling Siswa jadi Lebih Seru Lewat 5 Hal Ini!

Bimbingan Konseling semasa sekolah masih berlangsung secara tatap muka bisa terjadi secara intim dan lebih hangat. Selalu ada kenangan tersendiri dengan para punggawa ruangan konseling ini. Dari mulai razia baju seragam yang tak sesuai dengan aturan sekolah, rekonsiliasi dengan teman yang saling bermusuhan atau terlibat masalah, sampai jadi teman curhat yang sangat menolong siswa-siswi di masa transisi.

Sayangnya, semenjak pandemi berlangsung, banyak sekali perubahan yang terjadi di berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. Diantaranya, dengan merumahkan kegiatan sekolah.

Saat pendidikan jarak jauh seperti ini Jasa Guru Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan siswa/siswi loh! Untuk membuat kegiatan belajar mengajar jadi lebih seru, berikut 5 Ide Aktivitas Untuk Guru BK agar makin akrab dengan para siswa!

  1. Konsultasi Online
Baca Juga  New Normal Bagi Guru Terwakilkan dalam 7 Poin Ini!

Karena sekolahnya online, jadi konsultasinya juga berubah ke daring. Guru BK bisa memanfaatkan sosial media untuk tetap berkomunikasi dengan para siswa. Misalnya, buat form konsultasi lewat G-Form, sampai video call konsultasi di jam tertentu.Bimbingan Konseling

 2. Berbagi Konten Tentang Kesehatan Mental
Waktu luang bisa dimanfaatkan untuk membuat konten. Konten yang dibuat bisa mengenai tips-tips kesehatan mental. Selain dari buku dan internet, bahan konten bisa juga didapat dari siswa yang punya tips-tips biar lebih happy inside and fresh outside!Bimbingan Konseling

Peace People, Cari tahu gejala awal kesehatan mental dengan klik di sini!

 3. Ikutan Webinar Biar Makin Profesional
Kompetensi guru BK bener-bener diuji saat situasi pandemi. Jadi, biar kompetensinya meningkat ikutan webinar, streaming, atau baca buku bisa sangat menunjang program BK di sekolah.Enggak cuma buat sekolah kok Pak/Bu! Kegiatan ini bisa jadi acuan kalian untuk self development juga loh!

 4. Membuka Layanan BK Karir
Sebagian besar siswa belum punya tujuan dan bingung menentukan kuliah di mana dan jurusan apa. Disinilah guru BK sangat berperan. Kamu bisa menjadi coach atau mentor untuk mereka menemukan minat dan bakat. Siswa jadi lebih siap menghadapi berbagai situasi, karena pondasi dan nilai dasarnya sudah kokoh.

 5. Program Sharing Santai
Bukan cuma sharing mengenai dunia sekolah dan kesehatan mental, guru BK juga bisa jadi tempat diskusi hal-hal yang santai. Bisa sharing pengalaman main games, hobi, hingga berbagi aktivitas sehari-hari. Dijamin deh, bakal jadi guru favorit!

Gimana Peace People, cukup menarik kan ide-idenya? Selamat mencoba terkhusus kamu yang sedang menjadi guru konseling, ataupun untuk kamu yang ingin dekat dengan adik/kakak/keluarga yang sedang sekolah.

Baca Juga  Happy tanpa Bully di SMKN 3 Cimahi

Peace People, untuk mendapatkan informasi terkini dari Peace Generation, jangan lupa klik di sini!