Disiplin Positif: Role Model Metode Pembelajaran 12 NDP

Aliansi chapter Solo dan Palu telah mengadakan training virtual Disiplin Positif. Sebanyak 13 AoP mengikuti training melalui grup Whatsapp pada tanggal 1-5 Juli 2020. Selama lima hari peserta training mendapatkan materi tujuh prinsip serta menggunakan metode TANDUR.

Training Disiplin Positif ini cukup efektif dan interaktif karena menggunakan media yang menarik, seperti video, podcast, infografis, dan games. Provita Niekeen salah satu tim Solo menambahkan, “Pengerjaan tugas dengan sistem ‘merangkum’ dan me-review materi dengan cara mind mapping lebih efektif dan juga bikin semangat untuk berkreasi.”

Baca Juga  Online Learning “Tumbuh Kuat di Tengah Pandemi”

Training yang diadakan ini bertujuan untuk mengenalkan metode pembejaran interaktif secara daring kepada fasilitator Palu dan Solo. Selain mengenalkan metode, training Disiplin Positif juga untuk membangun relasi antara fasilitator. Hijrah, salah satu fasilitator dari Palu mengatakan, “Training ini diadakan untuk membangun sebuah relasi. Relasi yang baik itu harus dimulai dari disiplin karena nonsense banget kalau mau membangun team yang baik, tapi disiplinnya saja gak ada atau tau kurang. Membangun disiplin positif di team Solo-Palu itu juga mencoba membangun respon dalam grup terkait BDW.”

Baca Juga  Newsletter Edisi #4 - Juni 2020

Berbicara mengenai BDW (Breaking Down The Walls), metode TANDUR dalam training ini dapat digunakan sebagai role model pembelajaran 12 Nilai Dasar Perdamaian secara daring. Sebab, dalam waktu dekat ini tim Solo dan Palu akan melaksanakan implementasi 12 NDP kepada siswa dalam program Breaking Down The Walls.

Menurut Aini, Breaking Down The Walls membutuhkan media yang tidak membosankan agar materi yang dipaparkan tersampaikan. Dengan demikian, dalam pembuatan kurikulum pembelajaran 12 NDP dapat mengadopsi metode dari pelatihan tersebut. “Selain metode, hal yang patut dicontoh dari training Disiplin Positif untuk pembelajaran 12 NDP adalah pengadaan games melalui Kahoot! yang sangat menarik,” pungkas Aini.

Baca Juga  Di Training Breaking Down The Walls, Peserta Dalami 12 NDP!

Peserta mengikuti pembelajaran dengan antusias selama training berlangsung. Setelah semua materi tersampaikan, peserta berbagi pengalamannya mengikuti training Disiplin Positif. Pengalaman yang dibagikan meliputi metode, materi yang disampaikan, dan keterkaitannya dengan program BDW serta kesan pesan mengikuti training.

Untuk mendengarkan Seri Disiplin Positif Peace Generation, silahkan klik link ini !

Dapatkan informasi teranyar seputar Peace Generation dengan kunjungi sosial media kami.

Editor: Faza Rahim