Heroes of Peace and Ecology: Membangun Perdamaian dan Merawat Lingkungan Lewat Permainan Papan – Newsletter Edisi #26

Membangun perdamaian dan menjaga lingkungan bukan hanya tentang teori, tapi juga tentang berbagi pengalaman dan praktik nyata. 

Sebanyak tiga puluh siswa SMP akan ditantang menjadi pahlawan perdamaian dan lingkungan dengan membuat proyek kampanye di program Heroes of Peace and Ecology (HOPE). Program ini merupakan kerjasama antara PeaceGen dan Eco Camp.

Siswa-siswi ini akan belajar membuat proyek yang mempromosikan perdamaian dan lingkungan yang ditemani para trainer andal. Para trainer ini mengasah kemampuan empati mereka dengan mengulas kembali 12 Nilai Dasar Perdamaian yang ditemani oleh Pak Sony, salah satu Agent of Peace Educator.

Tidak hanya itu, trainer belajar juga memahami tujuh nilai kesadaran dalam menjaga lingkungan yang disampaikan oleh Regi selaku koordinator program dari Eco Camp. 

Kedua materi disampaikan dengan cara yang interaktif melalui game, sebagaimana ciri khas PeaceGen. Begitupun yang akan dirasakan nanti oleh siswa-siswi SMP saat mengikuti pelatihan. Mereka akan belajar perdamaian dan lingkungan melalui game, salah satunya Board Game Bencana. 

Melalui Board Game Bencana, para trainer diberikan tips seputar membangun perdamaian dan merawat lingkungan. Bagaimana perlunya kita menjaga lingkungan dimulai dari diri kita sendiri, kemudian menghargai bumi, hingga membuat inisiasi agar kedamaian tetap ada di bumi.

Sesederhana kita mulai aware bahwa bumi ini sedang tidak baik-baik saja sudah termasuk ke dalam praktik nyata menjaga lingkungan. 

Selain program HOPE, PeaceGen juga menggelar berbagai program lain, seperti mentoring mahasiswa baru di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui program Frosh. Ada juga webinar tentang membangun empati untuk pencegahan kekerasan di program SEAN-CSO. 

Tidak hanya itu, PeaceGen melalui Peace Academy menyelenggarakan berbagai pelatihan nilai-nilai perdamaian. Mulai dari training self love, training 12 Nilai Dasar Perdamaian bersama Kementerian Keuangan, hingga capacity building bersama karyawan Gulaku. 

Simak selengkapnya laporan terbaru kami dengan klik tombol di bawah ini.

Baca Juga  AoP Chapter Sulteng Adakan Training Fasilitator BDW

UNDUH NAWALA

 

 

 

 

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!