Kecerdasan dalam 9 Tipe. Mana yang Kamu Banget?

Lingkungan sosial masih sepakat bahwa standar kecerdasan adalah mereka yang mahir secara akademik, terutama dalam kegiatan belajar. Masih ada orang tua yang marah saat anaknya dapat peringkat ke-20 di kelas, padahal dia juara nasional sepak takraw.
Jika kita mau melihat lebih luas, sebenarnya arti ‘cerdas’ juga sangat luas dibanding hanya di ruang kelas saja, Peace People.

__

Howard Earl Gardner, merupakan seorang tokoh pendidikan dan psikologi berkebangsaan Amerika. Ia telah berjasa dalam pengembangan ilmu psikologi modern, dan menemukan bahwa sebenarnya, kecerdasan manusia itu sangat majemuk. Ini menjadi cikal-bakal pengetahuan bahwa seorang individu, bisa saja memiliki sejumlah kemampuan yang berbeda-beda!

Yuk cek, mana tipe yang kamu banget!
1. Kecerdasan Visual dan Spasial

Mereka dengan kemampuan ini dapat melihat dan mengenali dunia tertentu secara akurat, dan juga menggambarkan atau mengubah dunia tersebut ke dalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Biasanya, orang dengan kapasitas ini cocok menjadi pelukis, pematung, dan lainnya.

Baca Juga  Sebagian Besar Diri Kita adalah "Kelebihan"
2. Kecerdasan Naturist

Kecerdasan ini akan membuat seseorang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungan. Terutama terkait dengan keberadaan dan juga kebutuhan makhluk hidup lainnya yang terdapat di sana. Keahlian seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para ahli biologi, dan juga pecinta hewan.

3. Kecerdasan Musikal

Siapa yang tak kenal dengan Ahmad Dani? Dia adalah salah satu musisi ternama di Indonesia. Konon, ia memiliki kehebatan musikal di atas rata-rata loh. Kemampuan musikal yang dimiliki seseorang, akan membuatnya memiliki pemahaman yang baik di dalam membedakan dan mengenali suatu bunyi / suara. Mereka yang memiliki tipe ini,  akan lebih peka, terhadap nada, melodi, atau bahkan berbagai bunyi lainnya yang berirama.

4. Kecerdasan Logika-Matematika

Pasti kamu yang baca ini ada yang pernah ikutan Calistung. Saat lomba, ada tim yang jago banget berhitung. Kayanya dia emang ahli banget berlogika.Hal ini telah dimulai sejak seseorang mulai belajar berhitung dan bahkan ketika menempuh pendidikan di lembaga formal seperti sekolah dan juga perguruan tinggi. Keahlian berlogika dan matematika pada umumnya dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin, dan yang lainnya.

Baca Juga  Damai di Kantor Tercapai Jika Kita Work Less, Relax More
5. Kecerdasan Eksistensial

Kemampuan ini berhubungan dengan cara seseorang untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang ada di dalam hidup. Hal ini, menjadikan orang dengan kecerdasan ini, bisa menemukan banyak alasan dalam kehidupannya dan membantu orang lain.Contohnya psikolog.

 ( Sibuk bekerja? kembalikan energimu dengan lakukan Power Nap selama 30 menit! )
6. Kecerdasan Interpersonal

Pernah ketemu sama orang yang mudah nangis saat mendengar cerita sedih? atau teman yang hobinya bantuin orang? Bisa jadi, dia cerdas secara interpesonal. Dengan kemampuan ini, seseorang bisa memahami kebutuhan serta persaaan orang lain seperti filantropis, pekerja bidang sosial dan lainnya.

7. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

Bambang Pamungkas, Michael Jordan adalah sosok yang pasti punya kecerdasan Kinestetik di dalam dirinya. Kamu yang merasa lihai dan terampil dalam menggunakan alat/objek tertentu, ayo lebih sering latihan. Barangkali, jadi penari dan atlet adalah jalan ninjamu!

Baca Juga  Kita Diuji Bencana, Malah Sibuk Menafsir Bencana
8. Kecerdasan Linguistik

Ini dia geniusnya bahasa. Jika kamu tertarik dalam mempelajari bahasa, cenderung memiliki kecerdasan linguistik yang baik. Tidak hanya itu, biasanya, orang dengan kecerdasan ini bisa lebih paham bagaimana cara ia berkomunikasi di lingkungannya. Tak heran, orang dengan kemampuan linguistik biasanya sering jadi pembicara, jurnalis atau bahkan youtuber!

9. Kecerdasan Intrapersonal

Kemampuan ini akan membuat seseorang paham dan mengerti dengan baik kebutuhan dan juga hal-hal yang diinginkan olehnya ataupun oleh seseorang yang berada di lingkungannya. Gak heran, orang-orang ini biasanya jadi motivator atau sosok inspiratif kaya kang Irfan Amalee!

__

Sudah baca artikel barusan? Nah, mulai sekarang, mari kita sama-sama kenali dan gali lebih jauh, agar potensi yang ada dalam diri kita bisa bersinar terang!

 

Peace People, untuk mendapatkan informasi terlengkap dari kami, jangan lupa klik di sini!

 

Ditulis oleh: Faza Rahim