Kenali Tanda Ini untuk Tindakan Pencegahan Bunuh Diri

Lagu Vina Panduwinata-September Ceria, tidak selamanya ceria seperti pengharapan sang penyanyi. Bulan ke-9 versi kalender Romawi ini sering diperingati sebagi Bulan Pencegahan bunuh diri (Suicidal Preventing Months).

__

Setiap tahun, kita kehilangan hampir 800.000 orang dari seluruh belahan dunia karena bunuh diri. Hal ini membuat bunuh diri jadi urutan ke-10 penyebab kematian terbesar. Dua hal yang sering jadi penyebab utama ini terjadi yakni “isolasi” dan “beban perasaan” yang ditanggung oleh seseorang terasa menyeruak bahkan membludak. Kejadian ini makin diperparah dengan sikap abai yang diberikan oleh orang sekitar kepada mereka yang merasakan dua hal di atas.

Untuk melakukan pencegahan, Peace People harus mengenali 5 tanda utama yang sering ditunjukkan oleh mereka yang ingin melakukan bunuh diri.
Mari kita baca dengan seksama!
1. Sering membicarakan kematian

Jika kamu menemukan orang disekelilingmu sering membicarakan hal ini, jangan dianggap dark jokes. Coba lebih perduli dan menanyakannya dengan bertanya baik-baik tentang apa yang sedang terjadi dalam hidupnya.

2. Sering menanyakan hal tentang eksistensi seperti: “Apa sih poin dari kehidupan? Kayanya dunia lebih baik tanpa aku”

Mungkin ada orang yang memang sering berpikir kritis hingga menanyakan banyak hal dalam hidupnya. Tapi jika orang terdekatmu sering mengungkapkan hal ini, bisa jadi ia butuh pertolonganmu.

3. Hipersensitif

Kita memang dianugerahi perasaan oleh Yang Maha Esa. Tapi jika kadarnya berlebihan hingga membuat orang di sekitar mudah tersinggung, langsung tanya ada apa ya Peace People. Hipersensitif adalah salah satu tanda yang diberi oleh mereka agar kita perduli.

(Untuk lebih mengenal potensi dalam diri, kenali 9 tipe  kecerdasan yang ada pada manusia!)

4. Sering Menunjukan Sikap “terisolasi”

Bedakan mana orang yang “butuh waktu untuk sendiri” dengan mereka yang memang “mengisolasi diri”. Keduanya terlihat saru. Tapi pada tahap isolasi, biasanya diri semakin enggan melihat dunia.

5. Melukai diri mereka

Di tahap yang lebih lanjut, biasanya orang yang ingin melakukan bunuh diri akan “mencoba melukai” diri mereka sendiri. Peace People, jika kalian menemukan hal ini di sekeliling, jangan takut untuk mencoba menghentikannya ya.

Jika kalian mendapati 5 tanda utama ini pada diri sendiri dan orang lain, segera cari pertolongan. Untuk kamu yang dimintai tolong, jangan anggap remeh permintaan mereka dengan berpikir “Ah, mereka mah cuma butuh diperhatiin”, atau “Alah, besok-besok juga ga akan gitu lagi”.

Rangkul mereka. Dengar keluh kesahnya. Mungkin akan terasa membosankan atau menakutkan di saat bersamaan. Tapi percayalah, kedua kuping kalian kelak akan menjadi penyelamat nyawa seseorang 🙂

Ditulis oleh: Faza Rahim K.P

 

Peace People, untuk mendapatkan informasi teraktual dari PeaceGen, jangan lupa klik di sini!