Launching Sekolah CERDAS 2.0 Batch III Berjalan Lancar

Sekolah CERDAS (Ceria, Damai, dan Siaga Bencana) merupakan sebuah program berkelanjutan yang di inisiasi oleh Peacegen, Lazismu Pimpinan Pusat, dan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre) Pimpinan Pusat. Program ini diperkenalkan sebagai solusi terintegrasi yang mempersiapkan sekolah dari risiko bencana alam dan bencana sosial.

Program Sekolah CERDAS telah terlaksana selama dua periode. Pada tahun 2017, Sekolah CERDAS Batch I diselenggarakan di Jawa Tengah. Sedangkan Sekolah CERDAS 2.0 Batch II diselenggarakan di lima kota di Indonesia, di antaranya Cianjur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Surabaya, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Baca Juga  PeaceGen Riau: Ngopi (Ngolah Pikiran)

Tahun 2019, Sekolah CERDAS memasuki periode ketiga dan di proyeksikan terselenggara di wilayah Bandung Raya, mencakup Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Bandung. 17 sekolah telah dipilih sebagai penerima manfaat program berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten. Sekolah CERDAS Batch III akan berlangsung selama tiga bulan, terhitung sejak September hingga November 2019.

Baca Juga  One Day Workshop Peace Generation

Dalam rangka menyambut program Sekolah CERDAS periode ketiga, tim Peacegen menyelenggarakan kegiatan “Launching Sekolah CERDAS 2.0 Batch III”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 1 September 2019  di Car Free Day (CFD) Dago Kota Bandung dari pukul 06.00 – 11.00 WIB.

Dalam kegiatan ini, pengunjung mengikuti berbagai aktivitas, mulai dari bermain boardgame “Bencana”, permainan ular tangga, dan simulasi gunung meletus. Selain itu, pengunjung juga dapat memberikan dukungan dengan berbagi donasi melalui situs bit.ly/donasisc2.

Baca Juga  Podcast Disiplin Positif: Prinsip 1 - Menumbuhkan Kesadaran Internal Bukan Kontrol Dari Luar

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal program Sekolah CERDAS. Lebih lanjut, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan mitigasi bencana sejak dini.

 

Penulis  : Ferdy One Effendy Hasibuan

Editor    : Mela Rusnika

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!