Membangun Perdamaian dengan Menjaga Lingkungan – Newsletter Edisi #16

Membangun perdamaian
Ilustrasi: cupoftiw_

Membangun perdamaian dan menjaga lingkungan bukan hanya tentang teori, tapi juga tentang berbagi pengalaman dan praktik nyata”

Kerajaan Pakubumi tiba-tiba gempar. Pasalnya sapi-sapi di Negeri Pakubumi tiba-tiba mati.

Raja Pakubumi pun mengumpulkan para pengawal, hulubalang dan rakyatnya. Maka berkumpullah sekitar 500 rakyat yang berasal dari Jawa Barat (Bandung Raya dan Cimahi), Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumatera Utara.

Mereka berkumpul untuk memulai sebuah petualangan untuk membangun perdamaian dan menyelamatkan Pakubumi. Selama lima hari semua rakyat mendapat misi untuk mengumpulkan beragam jurus dari para guru untuk memecahkan masalah ini.

Peristiwa di atas adalah cuplikan dari acara Life with HOPE. Sebuah acara webinar series yang mengangkat tema tentang lingkungan dan perdamaian.

Acara yang diinisiasi PeaceGen dan EcoCamp ini dikemas dengan apik dan menjadi sebuah petualangan yang epik. Panitia berperan sebagai para punggawa kerajaan, pemateri sebagai guru yang memberi ilmu, dan para peserta berperan menjadi rakyat. 

Life with HOPE: Perjalanan dari Ego menuju Eco

Acara dimulai dengan pemutaran film Diary of Cattle, sebuah film dokumenter tentang sapi-sapi yang mengais makanan di tempat pembuangan sampah.

Film dokumenter karya David Darmadi dan Lidia Afrilita ini menggedor kesadaran peserta tentang satu sisi dari masalah sampah yang tak banyak orang ketahui. 

Rangkaian acara selanjutnya diisi oleh para guru yang memberikan materi seputar membangun perdamaian dan merawat lingkungan.

Bagaimana perlunya kita menjaga lingkungan dimulai dari diri kita sendiri, kemudian menghargai bumi, hingga membuat inisiasi agar kedamaian tetap ada di bumi. 

Materi yang disampaikan bukan hanya wawasan dalam membangun perdamaian. Namun, berbagi juga tentang pengalaman tentang praktik nyata menjaga lingkungan.

Sesederhana kita mulai aware bahwa bumi ini sedang tidak baik-baik saja sudah termasuk ke dalam praktik nyata. Karena dengan kesadaran, aksi nyata kita akan muncul dengan sendirinya. 

Life with HOPE adalah rangkaian acara yang menutup perjalanan HOPE selama setahun ke belakang. Setelah sukses dengan Sociopreneur Academy dan Mind Body and Soul, HOPE terus berinovasi dalam menyajikan program kreatif seputar merawat lingkungan dan menjaga perdamaian. 

Selain program HOPE, selama bulan Agustus juga PeaceGen menggelar berbagai program lain. Apa saja programnya, bisa kamu cek di sini ya!

UNDUH NAWALA

Baca Juga  Membentuk Keragaman dengan Kerja Bersama - Newsletter Edisi #11

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!