Meningkatkan Daya Tangkal Masyarakat dengan Pelatihan Budikdamber

Foto: Screenshot online worksop budikdamber dari aplikasi ZOOM Meeting

SITI II berupaya merangkul masyarakat kelurahan dampingan yang terkena dampak pandemi COVID-19 dengan menyelenggarakan pelatihan ketahanan pangan Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber) secara online.

Budikdamber sendiri merupakan sarana alternatif budidaya ikan dengan memanfaatkan ember sebagai kolam yang dipadukan dengan sistem aquaponik (polikultur ikan dan sayuran) menggunakan sayur kangkung.

Baca Juga  Menyalakan Api Kemanusiaan dan Kesetaraan

Narasumber online workshop ini adalah Juli Nursandi, S. Pi, M. Si sebagai founder komunitas budikdamber dan dosen di Politeknik Negeri Lampung serta alumni Faperika Unri Pekanbaru.

Selama workshop, Juli Nursandi memperlihatkan secara langsung cara budidaya sayur kangkung dan ikan lele dalam satu wadah, yaitu ember dengan ukuran maksimal 80 liter.

Baca Juga  Berdirinya Chapter PeaceGen Riau!!!

Selain untuk meningkatkan daya tahan masyarakat akan pangan, tujuan diselenggarakannya pelatihan ini salah satunya meningkatkan daya tangkal masyarakat terhadap paham-paham ekstremisme kekerasan yang selama pandemi diisukan masuk melalui jalur kesejahteraan ekonomi.

Dengan alasan tersebut, SITI II berupaya mencegah paham tersebut menyebar kepada masyarakat di kelurahan dampingan. Maka dari itu SITI II menyelenggarakan kegiatan yang memberi motivasi kepada masyarakat agar memiliki daya tahan terhadap pangan serta daya tangkal terhadap paham ekstremisme kekerasan.

Baca Juga  Peace Touring