Ode Untuk Nelson Mandela: Revolusioner Perdamaian Afrika

Ada hal yang dapat diwariskan dalam sebuah perjuangan. Begitupula, oleh Nelson Rolihlahla Mandela. Popularitas dan perjuangannya bagi kesetaraan warna kulit yang saat itu menjadi masa kelam, kelak menjadi tanggung jawab kita bersama untuk terus mengamalkannya.

Mari kita simak ringkasan kisah perjuangan Nelson Mandela secara singkat di artikel ini!

“Jangan nilai saya menurut keberhasilan saya, nilailah saya berdasarkan berapa kali saya jatuh dan bangkit lagi.”

Melihat rekam jejaknya yang gemilang di dunia perdamaian, kita akan dibuat terperangah dengan perjalanannya yang dekat dengan konflik. Lahir di sebuah desa bernama Mvezo, wilayah tenggara Afrika Selatan yang dikenal sebagai Transkei pada 18 Juli 1918, Mandela kemudian menempuh pendidikannya di Qunu. Mandela muda gagal mendapat gelar Bachelor of Arts di University College Fort Hare saat itu, karena terlibat aksi protes mahasiswa.

Tinggal di daratan Afrika yang banyak mengalami pergesekan konflik selama kurang lebih 20 tahun, ia tak gentar memperjuangkan aspirasinya, mengarahkan tindakan damai, tanpa kekerasan, menentang pemerintah Afrika Selatan dan kebijakan rasialnya.

Nelson Mandela kemudian mendirikan firma hukum Mandela and Tambo bermitra dengan Oliver Tambo, rekan mahasiswanya di Fort Hare, oleh karena itu, pada tahun 1956, membawa  Mandela dan 150 orang lainnya menginap di dalam jeruji atas tuduhan berkhianat.

Singkat cerita, lika-liku di jalur perdamaian selama bertahun-tahun yang ia jalani secara presisten, mengantarkan Mandela terpilih jadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada 10 Mei 1994 ketika usianya yang sudah tidak muda lagi; 77 tahun.

Keberhasilannya ini membawa revolusi bagi pemerintahan yang kala itu sangat rasis dan tidak berpihak kepada kaum minoritas. Pada tahun 1996, Mandela menandatangani undang-undang konstitusi baru untuk negara, mendirikan pemerintahan pusat yang kuat, dan menjamin hak-hak minoritas serta kebebasan berekspresi. Mandela kemudian mengundurkan diri pada 1999 setelah satu masa jabatan sebagai presiden.

Nelson Mandela menutup usianya  Pada 5 Desember 2013 di usia 95 tahun. Ia wafat setelah menderita infeksi paru-paru pada Januari 2011. Ia akan selalu dikenang sebagai revolusioner perdamaian bagi bangsa Afrika maupun bagi dunia. 

__

Peace People, untuk tahu informasi lengkap dan teranyar dari PeaceGen, jangan lupa klik di sini!

Sumber referensi :  https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/your-life/mengenal-nelson-mandela/

Baca Juga  Menumbuhkan Empati Melalui Pelatihan Parenting