PeaceGen Learning Day (PLD)

Selama dua belas tahun, PeaceGeneration Indonesia secara berkelanjutan mengembangkan berbagai pendekatan untuk menyebarkan gagasan perdamaian melalui media kreatif. Berawal dari modul sederhana yang dilatihkan kepada guru pada 2007, kini berkembang menjadi gerakan yang tersebar di 34 provinsi dan 4 negara. Dalam perjalanannya terdapat cerita praktik baik dan berbagai rintangan yang dihadapi. Untuk membagikan cerita ini, PeaceGen merancang sebuah acara bertajuk PeaceGen Learning Day (PLD).

PLD dilaksanakan di Audi 6 CGV-Paris van Java pada tanggal 9 Desember 2019 dengan segmentasi undangan dari Perwakilan Duta Besar, Organisasi Internasional dan Nasional (NGO’s, CSO’s and Community), Perwakilan Pemerintah, Korporasi dan Donor, Sekolah, Mitra dan Agent of Peace (AoP) serta peserta dari publik yang memiliki ketertarikan di dunia pendidikan perdamaian.

Baca Juga  Gerakan #SalingJaga: Bantu Ekonomi Warga Terdampak Covid-19 di Bandung Raya

 

Konsep acara PLD dikemas dalam bentuk presentasi pembelajaran yang disampaikan langsung oleh Pendiri yang juga merupakan Direktur PeaceGen: Irfan Amalee, mengenai apa yang sudah dilakukan oleh PeaceGen hingga usianya yang sudah menginjak angka 12 tahun. Presentasi tersebut dibagi kedalam 12 sesi sesuai dengan 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP) yang menjadi nilai utama dari PeaceGeneration Indonesia.

Dalam presentasinya Irfan seringkali melibatkan peserta yang pernah terlibat maupun yang dilibatkan selama kiprah 12 Peacegen berkelana, untuk menggali cerita perubahan yang dialaminya setelah mengenal PeaceGen dan mempelajari 12 NDP. Hingga puncaknya ada satu AoP terbaik yang konsisten menyebarkan nilai-nilai perdamaian yang diberikan anugerah sebagai AoP of the year 2019, sebagai bentuk apresiasi akan apa yang telah dilakukannya selama menjadi AoP. Tidak hanya melalui peserta, cerita perubahan juga tergali dari mitra dan korporasi yang juga telah ikut berjuang bersama PeaceGen. Selain data capaian dan cerita-cerita perubahan yang disajikan, terdapat pula kutipan (quote) yang menjadi kalimat kunci pembelajaran dalam kegiatan PLD.

Baca Juga  Menumbuhkan Empati Melalui Pelatihan Parenting

Selain presentasi pembelajaran, disajikan juga pelbagai hiburan yang membuat kegiatan PLD semakin menarik seperti: Music Concert by Jon Kastella, performer pantomim oleh Wanggi Hoed dan Kuis Kahoot dan atraksi Beatbox dari Irfan Nazhran dan Defit.

 

 

Harapannya melalui kegiatan PLD ini 134 undangan strategis PeaceGen dapat memperoleh pembelajaran bersama, saling terhubung dan menjalin hubungan, serta dapat berbagi praktik baik dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan perdamaian di Indonesia.

Baca Juga  Mari Bangun Lingkungan Baik Bersama Sekolah Cerdas 2.0

 

 

Ditulis oleh: Jawad Mughoffar

Editor: Hayati