Pelatihan Tim Kelurahan secara Semi Daring

Foto: Tim Kelurahan Babakan Sari sedang Mempresentasikan Implementasi Strategi Komunikasi

Setelah penyerahan SK dan koordinasi pada awal Agustus lalu,  Tim Kelurahan melaksanakan pelatihan selama empat hari pada tanggal 24-27 Agustus 2020 secara semi daring di Kelurahan Pasirbiru dan Kelurahan Babakan Sari.

Pelatihan secara semi daring ini dilakukan dengan mekanisme narasumber memberikan pemaparan melalui video dan ZOOM Meetings secara realtime oleh C-SAVE dan board C-SAVE.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan Tim Kelurahan dalam menjalankan program SITI di wilayahnya masing-masing. Dengan kemampuan tersebut, Tim Kelurahan diharapkan dapat menjadi jembatan dalam menyelesaikan kasus-kasus yang berkaitan dengan isu-isu yang dipelajari selama pelatihan di masyarakat.

Baca Juga  AoP Online Course #3

Tim Kelurahan dibekali pengetahuan tentang apa itu ekstremisme kekerasan, pengetahuan tentang cara menganalisis masalah sosial dan pengetahuan dasar tentang strategi komunikasi, alur manajemen kasus, serta pentingnya berjejaring dalam program SITI ini.

Foto: Tim Kelurahan Pasirbiru sedang Bermain Spider Web Game

Selain diberikan materi, Tim Kelurahan juga melakukan simulasi penanganan kasus ekstremisme kekerasan untuk memberi gambaran terutama tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik serta gambaran tentang alur penanganan kasus ekstremsime kekerasan menurut program SITI ini.

Baca Juga  Newsletter Edisi #5 - Juli 2020

Setelah materi dan simulasi selesai, Tim Kelurahan selanjutnya ditugaskan untuk membuat program kerja selama beberapa bulan ke depan, terutama dalam mensosialisasikan program SITI ini ke masyarakat. Program kerja ini akan menjadi acuan Tim Kelurahan untuk bergerak di komunitas atau masyarakat di masing-masing kelurahan.

Sosialisasi program SITI merupakan hal yang penting, terutama untuk mencegah kesalahpahaman antara masyarakat dan Tim Kelurahan. Disamping itu, masyarakat juga diharapkan mulai menyadari bahwa kehadiran Tim Kelurahan merupakan hal yang penting, sehingga nantinya masyarakat dapat melapor ke Tim Kelurahan apabila terjadi hal-hal yang berkaitan dengan isu ekstremisme kekerasan.

Baca Juga  Training PeaceGen Kids Bersama Guru Pos Paud di Kelurahan Pasirbiru

Materi yang disampaikan selama pelatihan diharapkan mampu menjadi bekal bagi Tim Kelurahan dalam mendeteksi dan menangani ekstremisme kekerasan di masyarakat sekitar, khususnya saat mengimplementasikan perencanaan strategi sosialisasi SITI.

Penulis:

Rike Adelia Hermawan dan Rika Dilawati