Power Nap Buat Aktivitasmu Makin Mantap

Kamu sering mergokin teman sejawad ketiduran di jam kerja? Eits! jangan suudzon dulu, barangkali dia lagi melakukan power nap untuk mengembalikan kekuatannya agar kembali mantap beraktivitas.
Pengertian Power Nap

Melansir dari tirto.id , Power Nap merupakan istilah untuk tidur siang yang cukup, biasanya berdurasi 15-20 menit. Metode ini bisa membuat seseorang kembali bugar dan bersemangat. Walaupun power nap hanya berlangsung singkat, metode ini ternyata cukup efektif bagi para pelajar, serta karyawan yang memiliki masalah kurang tidur.

Tidur itu sifatnya akumulatif. Jika kita tidak tidur selama berhari-hari, akan ada ‘defisit tidur’. Hal ini bisa menyebabkan:

1. Kurang tidur
2. Tubuh mudah lelah
3. Emosi tidak stabil
4. Produktivitas menurun
5. Di tahap serius, kurang tidur bisa menyebabkan sakit.

Baca Juga  AoP (Agent of Peace) Gathering Club IAIN Purwokerto
( Baca juga cara untuk terkoneksi dengan Inner Child kamu, di sini! )
Sejarah Tidur Singkat

Istilah power nap pada mulanya dicetuskan oleh James Maas, seorang Psikolog sosial dari Cornel University.

Bagi kamu pecinta the sims, pasti tau bahwa tidur memiliki beberapa fase untuk sampai ke tahapan deep sleep (6-10 jam). Nah, Power Nap adalah tidur singkat selama 20-30 menit saja yang sangat bermanfaat untuk menyegarkan mata, dan otak kita.

Cara melakukan Power Nap

Peace People, berikut ini merupakan beberapa cara ala PeaceGen untuk melakukan tidur singkat agar semakin efektif dan efisien! simak yuk!

Baca Juga  Podcast Disiplin Positif : Prinsip 6 - Kendalikan Diri Bukan Kontrol Orang Lain
1. Cari ruangan sejuk nan nyaman

Ruangan sejuk dan nyaman bisa membantu prosesi tidur singkat kamu jadi lebih cepat. Karena suhu udara panas lebih cocok untuk sauna.

2. Atur posisi tidur

Posisi tidur jangan dianggap remeh peace people. Hal ini, akan sangat berpengaruh untuk kualitas tidur kita. Salah-salah posisi tidur, justru bisa bikin kita sakit badan. dan ini justru enggak baik untuk kesehatan kita.

3. Pejamkan Mata

Memejamkan mata dan mengosongkan pikiran bisa terbilang sulit loh jika kamu tipe orang yang suka berpikir. Makannya ini penting banget untuk dilakukan. Kalau kamu enggak memejamkan mata, itu artinya kamu sedang melamun.

Baca Juga  SMAS Muhammadiyah 1 Palu Siap Ajarkan Damai
4. Tarik nafas dalam-dalam

Rileks. Inilah saat yang tepat untuk mengembalikan energi kamu.

5. Minta Teman membangunkan/Pasang Alarm

Karena fase Power Nap hanya sebentar, banyak orang justru malah bablas. Nah, lakukan dua hal ini ya Peace People, nanti kamu malah bangun jam 2 subuh saat kantor/kelas sudah sangat kosong.

Nah selamat mencoba ya Peace People, supaya kerjaan beres, hatimu juga makin damai!

Peace People, untuk mendapatkan informasi teraktual dari Peacegen, klik di sini ya!

Ditulis oleh: Faza Rahim K.P