Ayo Main!

Mitra Program

Sebagai negara majemuk, Indonesia menghadapi berbagai tantangan dari intoleransi dan kekerasan ekstremisme, dalam jangka panjang masalah dapat berdampak terhadap berbagai ketidakamanan di masyarakat. Berbagai pihak telah melakukan upaya pencegahan terhadap intoleransi dan kekerasan ekstremisme, baik pemerintah maupun masyarakat sipil berusaha membangun komunitas yang tangguh dari berbagai ancaman, salah satunya dalam sektor pendidikan. Namun, studi mengungkapkan banyak siswa yang memiliki pandangan intoleran, baik kepada penganut agamanya yang sama maupun kepada penganut agama lainnya. Pada tingkat guru, penolakan terhadap perbedaan masih kuat sebagaimana dilihat dari adanya ketidaksepakatan terkait pembangunan rumah ibadah dan pemimpin yang berasal dari agama yang berbeda. Hal ini berdampak pada sekolah yang seharusnya menjadi tempat yang aman dalam membangun ketahanan masyarakat, kini semakin rentan terhadap berbagai ancaman.

Untuk merespon berbagai masalah tersebut, PeaceGeneration bersama dengan UNDP merancang proyek “Ayo Main!” yang melibatkan seluruh perangkat sekolah secara kontekstual dan komprehensif untuk membangun ketahanan masyarakat, melalui pendekatan intervensi berdasarkan prinsip-prinsip human security.

Program Ayo Main! Ini dilaksanakan sejak tanggal 20 Desember 2019 sampai dengan tanggal 20 Agustus 2020 dan akan fokus melakukan intervensi ke 4 sekolah dasar dan 2 sekolah dasar di daerah Kabupaten Sumenep dan Kabupaten Malang, Jawa Timur.