Breaking Down the Walls

Mitra Program
Foto: Kegiatan training for educator di Solo

Maraknya ketegangan dan konflik sosial dalam dasawarsa terakhir ini semakin menimbulkan banyak masalah, mulai dari pilihan politik yang beda, suku, agama, status sosial bahkan ketimpangan gender.

Ketegangan sosial atau bahkan konflik adalah hal yang biasa dan menjadi dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, hal ini akan menjadi masalah dan semakin rumit tatkala adanya kebuntuan komunikasi antar pemangku kepentingan dan rendahnya nilai trust, serta menguatnya prasangka dan streortype di sistem sosial kemasyarakatan.

Untuk menjawab persoalan diatas, PeaceGen menginisiasi program Breaking Down the Walls (BDW). BDW adalah salah satu program PeaceGen sebagai platform perjumpaan dua komunitas yang berbeda untuk saling belajar, mendengarkan, dan menciptakan rasa aman untuk saling berdialog atas kondisi ketegangan dan konflik.

Proses perjumpaan tersebut dimulai dengan membangun rasa percaya (trust), meruntuhkan tembok prasangka untuk menginisiasi persahabatan dan kekeluargaan dalam bingkai damai. 

BDW juga sebagai platform untuk menumbuhkan dan merawat toleransi dan budaya damai serta pemahaman keragaman dalam bingkai persatuan Indonesia dan kemanusiaan. 

Program BDW tahun 2019-2020 akan terfokus di dua kota, yakni Solo dan Palu yang akan dilaksanakan oleh tim chapter Agent of Peace (AoP) kota masing-masing. AoP akan berkolaborasi dengan dua sekolah berbasis Islam dan Kristen.

Untuk Solo program akan dilaksanakan dengan kolaborasi antar Sekolah Muhammadiyah SIMPON dan SMP Regina Pacis Ursulin Kota Solo, sementara di Palu berkolaborasi dengan SMA Muhammadiyah dan SMA K GKST Imanuel Kota Palu.