K-Hub Preventing Violence Extremism Community

Mitra Program
Pencegahan ekstremisme kekerasan
Foto: Kegiatan Webinar Bikin Narasi Positif Makin Sip! Jurus jurus Digital Storytelling untuk Suarakan Perdamaian
K-Hub sebagai media yang bertujuan menjadi pusat pengetahuan terkait informasi dan praktik baik ekstremisme kekerasan di Indonesia.

Pencegahan ekstremisme kekerasan kini perlu melibatkan upaya publik. Seringkali mereka tidak mengetahui secara utuh informasi tentang kasus-kasus ekstremisme kekerasan. Juga mereka terkadang kebingungan saat mencari informasi yang valid.

Kebanyakan informasi yang tersedia hanya bercerita mengenai kasus-kasus ekstremisme kekerasan dan terorisme. Sedangkan upaya pencegahan yang dilakukan oleh banyak unsur masyarakat dan pemerintah tidak banyak diangkat ke publik. Akhirnya, publik tidak memiliki pengetahuan deteksi dini terhadap perilaku ekstremisme dan radikalisme.

Melalui K-Hub, para pemangku kepentingan dapat berbagi praktik baik tentang pencegahan ekstremisme kekerasan dalam bentuk modul, infografik, buku, video, laporan, dan penelitian yang lebih mudah dipahami.

Di K-Hub terdapat dua kategori kelompok sasaran, yaitu penerima manfaat langsung dan penerima manfaat tidak langsung. Penerima manfaat langsung merujuk pada entitas yang bekerja mempromosikan perdamaian, pencegahan, dan melawan ekstremisme kekerasan.

Untuk penerima manfaat tidak langsung merujuk pada individu atau organisasi yang dapat menggunakan produk atau aktivitas pada platform K-Hub. Kelompok ini terdiri dari siswa, guru, peneliti, dan komunitas.

K-Hub sebagai Media Informasi Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

Penerima manfaat langsung dari K-Hub terdiri dari organisasi yang fokus pada isu ekstremisme kekerasan yang kini bermitra dengan K-Hub.

Organisasi mitra melakukan sign up di K-Hub yang kemudian melengkapi beragam fitur di K-Hub, termasuk melengkapi profil organisasi, memposting resources seperti modul, video, artikel, dan laporan penelitian.

Melalui fitur-fitur ini organisasi mitra memaksimalkan K-Hub untuk mempublikasikan resources yang mereka miliki, khususnya tentang isu ekstremisme kekerasan.

Resources tersebut selanjutnya kami olah menjadi sebuah microblog atau mini lessons dengan mengoptimasi desainnya agar lebih mudah dipahami oleh khayalak. Pengolahan data ini yang kemudian kami sebut sebagai kolaborasi konten antara organisasi dengan K-Hub.

Kini publik dapat mencari informasi ekstremisme kekerasan yang lebih valid di K-Hub dan bisa turut serta terlibat dalam pencegahan ekstremisme kekerasan di Indonesia. Juga sesama organisasi yang fokus dalam isu ekstremisme kekerasan menjadi lebih terhubung.

Untuk mengetahui K-Hub lebih lanjut, Peace People dapat mengakses platformnya di sini dan Instagramnya di sini!

Daftar untuk mendapatkan info & promosi menarik!