SMAS Muhammadiyah 1 Palu Siap Ajarkan Damai

Damai masih menjadi paradoks hingga saat ini. Namun kita butuh damai dan mulai untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah mengikuti tiga hari Training for Peace Educator, dua sekolah SMAS 1 Muhammadiyah Kota Palu dan SMAS Imanuel Kota Palu kini berkomitmen untuk kembali ke sekolah masing-masing untuk mengajarkanya pada anak didik di sekolah masing-masing.

SMAS 1 Muhammadiyah pada Selasa, 10 Maret 2020 telah menerima media pembelajaran berupa buku 30 modul 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP), 30 Modul Happy tanpa Bully dan seperangkat alat pembelajaran 12 Nilai Damai telah diterima oleh Ibu Kepala sekolah, Dra. Nur’ain B. Lagandja. 

Dalam sambutannya, Ibu kepsek menyatakan apresiasi kepada tim fasilitator dari PeaceGen kota Palu yang telah memberikan kesempatan untuk belajar, menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi baru bagi guru-guru dalam mengembangkan pendidikan karakter melalui pembelajaran yang lebih menarik melalui pengajaran 12 NDP.

( Baca juga pelatihan 12 Nilai Dasar Perdamaian yang dilakukan secara daring! )

Sementara itu sepuluh Agen of Peace (AoP) yang juga fasilitator dari program BDW ini akan mendampingi sekolah dan berkolaborasi dengan para guru alumni training 12 NDP untuk bisa saling mendukung dan mengimplementasikan pembelajaran 12 NDP kepada anak didik.

Terdapat kesan dan pengalaman yang di dapatkan oleh AoP, Multazam, sebagai koordinator program BDW di sekolah:

“Awalnya kami sempat berputus asa apakah program ini dapat terlaksana dengan baik, berhubung kami yang masih sangat minim akan ilmu ini jika dibandingkan dengan Bapak dan Ibu guru. Namun, semangat dan kehangatan dewan guru dan dukungan yang tiada hentinya dari Ibu Dra. Nur’ain sebagai kepala sekolah membuat program ini berjalan dengan baik dan penuh rasa kekeluargaan. Kedepannya kami sangat berharap kepada kepala sekolah, dewan guru, dan para murid untuk dapat terus mengimplementasikan nilai-nilai perdamaian yang telah diperoleh pada setiap diri dan juga berharap dapat terus mengajarkan nilai damai itu melalui media-media yang telah diperoleh maupun mengembangkan melalui media-media yang lainnya. Sehingga segala bentuk kekerasan dapat di minimalisir bahkan dihapuskan..”

Peace People, untuk mengetahui informasi teranyar dan terbaru dari Peace Generation, silahkan klik di sini !

Baca Juga  Menyambut Ramadan ala Peacemaker

Penulis: Multazam
Editor: MH dan FR