Talk the Peace with Bill Hamilton (Amerika) and Cecilia (Kanada)

Seringkali, kita sebagai manusia hanya fokus bagaimana cara untuk merubah dunia. Namun mengabaikan bahkan melupakan bahwa di dalam diri kita harus ada yang dibenahi dan diperhatikan terlebih dahulu. Sebuah pertanyaan dasar untuk kita renungkan adalah seberapa dalam kita mengenal diri kita sendiri? Sudah yakinkah bahwa diri kita bisa memberikan inspirasi bagi dunia? 

Atas permasalahan tersebut, Talk the Peace diselenggarakan untuk menjawab apa yang menjadi permasalahan dalam diri kita. Diantaranya, bagaimana cara untuk merubah diri menjadi lebih baik, menemukan ruang untuk mengembangkan potensi diri dan setiap profesi yang kita miliki saat ini bisa membawa pengaruh untuk dunia menjadi lebih baik.

Maka, pada tanggal 19 Februari 2020 telah diselenggarakan kegiatan Talk the Peace di kantor Peace Generation hasil kerjasama antara Peace Generation, Peace Academy dan Initiatives of Change (IofC) Indonesia yang mengangkat tema tentang “Initiating Change from Personal to Global”. Kegiatan ini dihadiri oleh 2 narasumber yang sangat spesial, yaitu Bill Hamilton dari IofC Ameika dan Cecilia dari IofC Kanada. Serta dihadiri oleh 22 peserta dari lintas profesi, seperti dosen, guru, praktisi pendidikan dan mahasiswa yang mempunyai ketertarikan terhadap isu perdamaian. 

Suasana diskusi semakin hangat karena ada dialog yang mendalam mengenai perjalanan hidup Cecilia dan Bill Hamilton. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah hidup mereka. Beberapa point nya adalah sebuah kesalahan jika kita hanya menunggu orang lain untuk merubah hidup kita menjadi lebih baik. Justru diri kitalah yang bertanggung jawab atas kehidupan kita. Bagaimana kita bisa merubah dunia menjadi lebih baik jika kita sendiri mengabaikan kehidupan kita. Dan berjuang memang membutuhkan keberanian yang sangat besar. Bukan hanya memikirkan kehidupan sendiri. Tetapi harus memikirkan bagaimana kehidupan orang lain dan nasib anak cucu kita nanti. 

Harapan setelah terselenggaranya acara talk the peace ini adalah semakin banyak orang-orang yang mengulurkan tangannya untuk sama-sama berjuang menyebarkan kebaikan dan perdamaian. Apapun profesinya, kapanpun dan dimanapun berada. 

Berikut testimoni dari beberapa peserta yang hadir dalam kegiatan talk the peace.

“Untuk kegiatan Talk the Peace kemarin sangat positif bagi saya. Harus lebih sering untuk mengadakan kegiatan tentang peace campaign. Karena masyarakat kita cenderung lebih pragmatis mengenai isu perdamaian, bahkan mereka skeptis tentang hal ini.” Khalid – Pemuda Ahmadiyah

“Belajar dari kawan. Pengalaman bertemu Founder Peace Generation dan berkunjung ke markasnya. Tiga jam di Peace Gen, saya bertemu Mrs. Thembi dan Mr. Bill dari Initiative of Change. Tamu-tamu itu ditangani oleh staf Peace Gen. “Luar biasa”, bisik saya dalam hati. Markas Peace Gen ini rupanya benar-benar terhubung dengan dunia. Terima kasih Peace Gen karena sudah mengundang saya dalam acara yang luar biasa ini.” Dadang – Dosen SAA UIN Bandung.

Penulis: Anisa
Editor: Hayati

Baca Juga  Newsletter Edisi #3 - Mei 2020