Training 12 NDP for Staff Peace Generation

Lebih dari 13 tahun Peace Generation telah menyebarkan benih perdamaian melalui 12 Nilai Dasar Perdamaian di seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Diikuti lebih dari 23.197 pelajar dan 5 ribu pengajar perdamaian sejak tahun 2007. Telah berhasil menurunkan angka kekerasan pelajar hingga 31%.

Atas keberhasilan tersebut, Training 12 NDP for PeaceGen Staff diselenggarakan sebagai ruang bertemu dan belajar bagi para staf baru Peace Generation dengan menggunakan modul 12 Nilai Dasar Perdamaian. 12 NILAI DASAR PERDAMAIAN adalah inovasi pelatihan pendidikan perdamaian yang didesain ringan, kreatif, dan pada anak-anak/siswa dan remaja. Isu perdamaian diperkenalkan melalui lingkungan terdekat dan sehari-hari kita.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 06-07 November 2020 di kantor Peace Generation. Dihadiri oleh 5 orang peserta (4 perempuan dan 1 laki-laki) serta Anisa sebagai trainer pada training tersebut.

Di hari pertama, para peserta saling berkenalan dan mendapatkan input serta pengenalan PeaceGen oleh Nenden Vinna sebagai Direktur PT. Media Damai Indonesia. Nenden menyampaikan bahwa “Untuk menjadi pribadi yang hebat harus didukung juga oleh support system yang baik. Dan di PeaceGen kamu bisa menemukan itu. Salah satunya dengan belajar 12 Nilai Dasar Perdamaian yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari kita.” 

Rasa semangat dan antusias peserta terlihat sejak belajar dari Nilai pertama mengenai menerima diri, mengatasi prasangka dan merayakan keberagaman.

Suasana semakin terasa haru ketika sesi rekonsiliasi (Nilai 11 & 12 : Meminta & Memberi Maaf). Di sesi ini, setiap peserta memiliki kesempatan yang sama untuk berbagi cerita mengenai perjalanan hidupnya dalam meminta dan memberi maaf. Air mata tak tertahankan ketika berbagi cerita mengenai luka dalam keluarga. Bagaimana keluarga memiliki peran penting dan menjadi support system yang utama dalam kehidupan kita. Namun, jika keluarga tidak berfungsi sebagaimana mestinya, yang terjadi hanyalah luka yang membekas dalam diri kita. Yang akhirnya berdampak pada proses penerimaan diri kita sekarang. 

Namun, dengan belajar 12 Nilai Perdamaian, semoga bisa menjadi obat bagi raga yang sudah lama tak disapa. Acara ini diakhiri dengan membacakan Peace Promise sebagai janji yang menandakan telah sahnya menjadi Agent of Peace dan siap mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari serta menyebarkannya ke ruang yang lebih luas lagi. 

Semoga dengan diadakannya training ini, setiap peserta bisa semakin kuat dan kokoh secara personal. Serta semangat berkarya sesuai dengan divisi yang sedang diamanahkan.

Berikut kesan dari para peserta training :

“Luar biasa! Jadi makin memahami diri sendiri, cara bersikap di sosialisasi kami dan banyak dapat mengambil hikmah ini.” Jenny F.H

Baca Juga  Musyawarah Pembentukan Tim Kelurahan

“Trainingnya menyenangkan, jadi lebih paham dengan diri sendiri dan lebih memahami perspektif orang lain.” Fira

“Saya selalu berpikir tentang kenapa nilai ke-1 “Menerima Diri” dan yang terakhir “Memaafkan”. Dengan ikut training ini, makin ngerti maknanya. Thank you. Seneng banget bisa dapet pelajaran dan bisa mendengar pengalaman orang lain juga.” Azifa

Baca Juga  Agent of Peace Gathering: Membuka Kolaborasi dan Rekonsiliasi

“Awesome, daebak, keren banget & speechless!” Ismi

– Anisa