Training 12 NDP secara Daring

Kondisi pandemi memaksa Peace Generation untuk terus mencari cara yang paling efektif untuk terus menyampaikan nilai-nilai perdamaian. Setelah belajar dari Program PeaceSantren Juni lalu, tidak semua daerah/kota di Indonesia bisa menjalankan pembelajaran atau training memakai applikasi Zoom atau Google Meet, sehingga kali ini untuk pertama kalinya Peace Generation mengadakan Tarining 12 NDP melalui applikasi Whatsapp. Applikasi ini dirasa sangat ringan dan gampang untuk dilakukan sebagai jawaban dari perubahan kebutuhan sekaran ini.

Training ini dilakukan setiap hari satu nilai selama 1 jam pada jam yang yang sudah ditentukan. Pada tanggal 27 Juli, jam 16.00 WIB Kang Irfan memulai memberikan Nilai 1: Menerima Diri dan keesokannya mengajarkan Nilai 2: Mengolah Prasangka. Kemudian Nilai 3-12 diberikan atau diajarkan oleh 11 Fasilitator terpilih dari Aceh sampai Palu yang bergantian secara kelompok jam 19.30 WIB.Training pertama 12 NDP melalui Whatsapp ini mentraining 107 peserta yaitu 48 wanita dan 59 laki-laki. Training selesai pada tanggal 10 Agustus dan 11 Agustus malam dilakukanlah acara Wisuda Training 12 NDP dan Pembacaan Janji Damai.

Baca Juga  12 NDP dipakai pada LDKS SMAN 107 JKT

Di acara wisuda, Kang Irfan Amalee memberikan sambutannya, “Training ini benar-benar bisa menjadi jawaban atas kesulitan sekarang ini, dan baru pertama kalinya sekali training bisa mentraining 100 bahkan sampai 200 peserta atau lebih. Fasilitator nya juga langsung dari berbagai daerah dalam satu waktu, sehingga diharapkan ini bisa diduplikasi oleh semuanya di daerah/tempatnya. SELAMAT pada semua peserta wisuda malam ini, kepada anda dan semua fasilitator semua sesungguhnyalah yang akan menjalankan lagi training ini. Terimakasih!”

Baca Juga  PeaceGen Chapter Sulteng berkolaborasi dengan Sikola Mombine

Testimoni pertama dari peserta paling senior yaitu Ibu Naqiyah sebagai DEKAN Fakultas Ushuluddin IAIN Purwokerto,”Saya merasa bahagia sekali dan luar biasa atas training ini, kami pasti akan meduplikasi training dan cara ini di kampus kami, saya bersaa muda lagi ditengah-tengah anak muda yang keren ini”.
Dilanjutkan testimony peserta kedua Bapak Samuel (Pendeta),”Saya merasa sangat bersyukur dengan training ini, ini nilai-nilai yang sangat keren dan diberikan secara gratis. Bagi saya, 12 NDP tidak bisa ditunggu lama untuk diberikan, seperti harus segera atau sekarang harus segera diberikan pada yang lain, ini sangat bagus untuk kami pakai di Gereja-Gereja kami”.
Perwakilan dari fasilitator disampaikan oleh Akbar Musfatir sebagai Koordinator PeaceGen Chapter Makassar, “Saya merasa luar biasa dengan training terbaru ini, ternyata bisa dilakukan, setelah kami di Chapter mencari-cari cara apa yang efektif untuk menkorversi program-program offline kami. Terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk menjadi bagian di pembelajaran kali ini”.

Baca Juga  Irfan Amalee: Tidak Mampu Kolaborasi, Jangan Harap Bisa Bertahan Hidup!

Kemudian Pembacaan Janji Damai dipimpin oleh Suka Pandia selaku Tim AoP Coordiantor dari PeaceGenaration dan menyanyikan lagu salam bersama-sama.

Acara wisuda dilanjut dengan berbagi di kelompok kecil agar semua peserta lebih bisa berbagi dengan yang lain. Peserta berbagi tantangan dan hal yang paling baru ditemukannya apa di training 12 NDP melalui Whatsapp ini. Dan agenda ini menjadi penutup dari semuanya rangkaian acara wisuda.

Sekali lagi SELAMAT semuanya peserta wisuda!!

 

Oleh: Hayati

Baca juga Training 12 NDP secara daring di Solo disini