Frosh Project ID

Partner

Ringkasan Program

Frosh adalah program pendampingan bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan sosio-emosional, seperti berpikir kritis dan empati, melalui metode pembelajaran berbasis teknologi dan kreatif. Program ini dilaksanakan di dua perguruan tinggi terkemuka di Bandung, ITB dan UPI, dengan melibatkan mentor dari mahasiswa tingkat dua dan tiga.

Tujuan Program

Tujuan program Frosh untuk membantu mahasiswa baru mengembangkan keterampilan sosio-emosional yang diperlukan dalam kehidupan kampus. Dua keterampilan utama yang dikedepankan adalah berpikir kritis dan empati, yang diharapkan dapat memperkuat ketahanan mahasiswa terhadap tantangan sosial dan ekstremisme kekerasan.

Latar Belakang Program

Frosh berawal dari pengalaman dua teman kami, Elfreda dan Catherina. Elfreda kesulitan berpikir kritis dan sering menerima informasi salah serta melakukan stereotyping. Sementara itu, Catherina merasa identitas berbeda seharusnya dihargai, tetapi banyak temannya kekurangan empati terhadap perbedaan. Kisah mereka mencerminkan tantangan yang dihadapi banyak mahasiswa baru.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada 2019 terhadap 1.415 mahasiswa di Bandung, kami menemukan bahwa 39% mahasiswa merasa tekanan terbesar datang di tahun pertama. Hal ini menunjukkan pentingnya program Frosh untuk membantu mahasiswa baru menghadapinya dengan keterampilan sosio-emosional yang lebih baik.

Metode dan Pendekatan

Frosh menggunakan kombinasi metode pembelajaran daring dan luring. Program ini mengintegrasikan teknologi dengan modul berbasis web aplikasi yang dikemas dalam narasi gamifikasi. 

Pesan utama yang disampaikan melalui program ini adalah:

  • Memahami keragaman identitas

  • Manajemen emosi

  • Manajemen informasi

  • Pemecahan masalah kreatif

Proses mentoring melibatkan interaksi langsung dengan mentor yang berpengalaman dan didukung oleh berbagai aktivitas praktis yang relevan dengan kehidupan sehari-hari mahasiswa.

Hasil Program

  • Program Frosh telah berhasil menjangkau lebih dari 1.000 mahasiswa baru di ITB dan UPI pada tahun 2022. 

  • Program ini telah menunjukkan tingkat kepuasan peserta yang tinggi, dengan nilai rata-rata 4.65/5,0 untuk keseluruhan pengalaman, dan 4.725/5,0 untuk manfaat yang dirasakan.

Testimoni

“Sejak aku ikut mentoring Frosh 2.0 bersama teman temanku dan kakak mentorku yang super friendly, aku jadi tidak mudah menggeneralisasi sifat kelompok tertentu dan mulai berani bersosialisasi dengan orang lain.” - Josephine Puspitasari, ITB Batch 1

“Kegiatan mentoring Frosh dibawa dengan asyik melalui permainan interaktif bersama kakak mentor maupun board game. Materi-materi yang diajarkan dalam mentoring juga sangat berguna dan dapat benar-benar diterapkan di kehidupan sehari-hari.” -Izar Syarafudin, ITB Batch 1

Tingkatkan Kemampuan Sosio-Emosional Mahasiswa Baru dengan Program Frosh

Bantu mahasiswa baru mengembangkan keterampilan sosio-emosional yang sangat penting untuk kesuksesan mereka di kampus dengan Frosh. Dengan pendekatan yang terbukti efektif, program ini membantu mahasiswa belajar berpikir kritis, berempati, dan mampu mengelola emosi.

Siap mengimplementasikan Frosh di kampus Anda? Hubungi kami untuk konsultasi

Tanggal Mulai

1 Apr 2021

Tanggal Akhir

31 Jan 2023

Milestones
  • Kick off meeting
  • Pengembangan Media
  • Rekrutment AoP (Mentor)
  • Pelatihan untuk Mentor
  • Rekrutment Mentee
  • Mentoring
  • Co-design Program Kampus
  • Pelaporan
Bagikan