SEAN-CSO

SEAN-CSO menggandeng PeaceGeneration Indonesia untuk melawan narasi ekstremisme kekerasan melalui pengemasan media kreatif berbasis penelitian dan komunitas. Dalam program ini PeaceGen membantu memelihara saluran komunikasi secara daring dengan memproduksi buletin, konten, dan mengunggahnya di media sosial, serta memperbaharui situs web secara berkala. 

Mengapa SEAN-CSO Bekerja Sama dengan PeaceGeneration Indonesia? 

SEAN-CO sebagai wadah dialog yang menjembatani peneliti, komunitas, dan aktivis yang bergerak di bidang P/CVE melihat adanya peningkatan kasus ekstremisme kekerasan yang terjadi di wilayah Asia Tenggara dan Australia. 

Isu ekstremisme berbasis kekerasan tersebut turut dirasakan dunia pendidikan yang ditandai dengan adanya celah yang cukup besar antara hubungan teori dengan praktik pendidikan empati. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa pendidikan empati hanya hadir sebagai nama di atas kertas saja. 

Ibu Kamila, seorang dosen dan peneliti di Institut Pesantren Mathali’ul Falah mengungkapkan bahwa kondisi miris tersebut tidak hanya dirasakan beliau saja, tetapi juga oleh banyak pendidik di Indonesia bahkan Asia Tenggara dan Australia. 

Kesadaran Ibu Kamila terhadap butuhnya kontribusi aktif dari berbagai macam pihak, seperti peneliti, komunitas, dan aktivis yang bergerak di bidang P/CVE untuk menghapus tindakan ekstremisme kekerasan ini menjadi cikal bakal terbentuknya kerja sama SEAN-CSO dengan PeaceGeneration Indonesia. 

Bagaimana Dampak dari Bentuk Kerja Sama SEAN-CSO dengan PeaceGeneration Indonesia? 

SEAN-CSO dengan PeaceGeneration Indonesia telah memproduksi buletin yang berkelanjutan, konten yang diunggah di media sosial, dan pembaharuan situs web secara berkala. 

PeaceGen telah membantu SEAN-SCO dalam menjangkau dan menghubungi anggota jaringan secara berkala untuk mempublikasikan atau menampilkan karya dari member SEAN-CSO melalui media sosial, buletin, dan situs web SEANS-CSO. 

Kini, SEAN-CSO telah memiliki 126 member organisasi dengan 52 member yang terlibat aktif dalam produksi konten. Website SEAN-CSO juga telah diakses oleh 17 negara di dunia, yaitu Indonesia, Amerika Serikat, Australian, Malaysia, Filipina, India, Tiongkok, Kanada, Jerman, Inggris, Thailand, Brazil, Jepang, Bangladesh, dan Vietnam. 

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai konten-konten ekstremisme berbasis kekerasan yang telah diproduksi SEAN-CSO, silakan untuk mengunjungi website  www.sean-cso.org

PeacePeople juga bisa melihat dan mengikuti akun media sosial  SEAN-CSO  di instagram: @sean.cso dan  facebook: Southeast Asian Network of Civil Society Organisations

Lihat Juga Client Lainnya