Ajakan Kolaborasi Kegiatan Baca Buku Bareng Eric untuk Komunitas Anak dan Lingkungan Hidup

Bandung, 4 September 2023 - Program Baca Buku Bareng Eric disingkat BABE merupakan program baca buku untuk anak-anak yang mengangkat topik tentang resolusi konflik dan cinta lingkungan melalui membaca buku Ini Pohon Kita. 

Eric Lincoln biasa disapa Eric adalah co-founder PeaceGeneration, berasal dari Chicago Amerika Serikat dan sudah 30 tahun tinggal di Indonesia. Eric adalah sosok ayah yang rajin mendongeng untuk ketiga anak-anaknya setiap malam menjelang tidur. Eric juga menulis buku 12 Nilai Dasar Perdamaian dan sekarang buku Ini Pohon Kita.


Mengapa PeacePeople Harus Mengikuti Program BABE?

Eric melihat bahwa minat membaca dan menulis seringkali tidak mendapatkan tempat penting dalam diri anak. Padahal literasi menjadi dasar penting untuk menumbuhkan empati dan critical thinking

Untuk itu, program BABE hadir mengajak komunitas anak dan lingkungan hidup untuk berkolaborasi dalam menyebarkan semangat membaca, perdamaian, dan cinta lingkungan kepada anak-anak.

Baca juga: PeaceGen Wakili Indonesia di HLPF (Berbagi Pengalaman Sukses Ajarkan Damai dengan Media Kreatif)


Sinopsis Ini Buku Pohon Kita

Buku ini menceritakan dua orang anak yang bertengkar karena ada mangga yang jatuh di antara halaman rumah mereka. Kedua anak ini saling berebut mangga tersebut, hingga salah satunya menebang pohon mangga. Tanpa disadari, pohon yang ditebang berdampak pada ekosistem hewan dan tumbuhan di sekitarnya. Lalu, bagaimana dengan nasib kedua anak tersebut? Untuk tahu kisah selanjutnya, PeacePeople bisa berkolaborasi di program BABE.


4 Keunggulan Buku Ini Pohon Kita

Buku Ini Pohon Kita memiliki empat keunggulan utama. Pertama, buku ini menghadirkan sebuah narasi yang berirama dan penuh karakter yang riil. Dalam setiap halamannya, anak-anak akan diajak untuk mengikuti petualangan karakter-karakter yang menarik, serta membuat pengalaman membaca makin hidup.

Kedua, buku ini membawa pesan penting tentang merawat dan menjaga lingkungan. Melalui cerita yang menginspirasi anak-anak untuk peduli terhadap alam sekitar, buku ini membangkitkan fitrah alami anak untuk cinta lingkungan. Lewat cerita tentang menanam pohon, buku ini mengajarkan bahwa bekerja sama dalam tindakan positif seperti ini bisa menjadi solusi dalam mengatasi konflik.

Selain itu, buku Ini Pohon Kita menawarkan pengalaman interaktif yang unik. Fitur flip page dan aktivitas mencari kotak merah mengajak anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam cerita. Ini bukan hanya sekadar membaca, tetapi juga meningkatkan kreativitas anak dalam mengikuti sebuah petualangan. Momen-momen di dalamnya mengajarkan bahwa kerja sama dan kebaikan dapat menjadi solusi konflik.

 

Aktivitas dalam Program BABE

Baca juga: SHIFT: Kolaborasi Antar Generasi Dalam Meningkatkan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Selama kegiatan berlangsung, Eric akan melakukan aktivitas read aloud buku Ini Pohon Kita kepada anak-anak dan berdiskusi tentang resolusi konflik serta cinta alam yang perlu ditumbuhkan sedari kecil. 

Kegiatan lainnya berupa lokakarya Happy Tanpa Bully untuk orang tua yang dipandu langsung oleh Master Trainer dari PeaceGen. Pada lokakarya ini, orang tua akan belajar bersama tentang penyebab bully yang terjadi kepada anak-anak dan bagaimana cara mengatasinya.


Manfaat untuk Komunitas yang Berkolaborasi

  • Membantu menciptakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi anak-anak dan orang tua.

  • Memperluas peluang untuk berjejaring, serta berbagai pengetahuan dan sumber daya.

  • Memperoleh keuntungan dari selisih biaya pendaftaran.


Manfaat untuk Peserta yang Berpartisipasi

  • Mengikuti dua aktivitas untuk anak dan orang tua, masing-masing berdurasi 3 jam.

    Baca juga: Training for Youth - SHIFT Ciptakan dan Jaga Kerukunan Umat Beragama

  • Mendapatkan satu buku Ini Pohon Kita dan satu Poster Petulangan Salam. 

  • Menambah literasi mengenai langkah preventif untuk melindungi anak menjadi pelaku atau korban bully

  • Mengenalkan keberagaman dan resolusi konflik pada orang tua dan anak. 

  • Meningkatkan kesadaran kepada anak untuk peduli lingkungan. 

Bagikan