Perjalanan Modul 12 Nilai Dasar Perdamaian PeaceGen di Mancanegara

To Reach Peace, Teach Peace, begitulah slogan yang PeaceGeneration Indonesia percayai sebagai motor penggerak mengapa kita terus memproduksi media-media perdamaian yang berbasis pada 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP). Menuju 17 tahun PeaceGen berkarya dalam bidang perdamaian, kami ingin menyorot penggunaan modul 12 NDP di mancanegara. Terdapat beberapa negara yang telah mengimplementasikan modul 12 NDP yakni Filipina, Thailand, dan Tanzania.

Mindanao, Filipina

Kegiatan Training 12 Nilai Dasar Perdamaian di Mindanao

Terletak di selatan Filipina, Mindanao menjadi salah satu daerah yang sebagian masyarakatnya telah didampingi oleh PeaceGen untuk menjadi Agents of Peace (AoPs) sejak sebelas tahun yang lalu. Di awali dengan tiga orang yang mengikuti pelatihan 12 NDP di Hotel Poster Bandung, kini AoPs di Mindanao telah didominasi oleh guru atau tenaga kependidikan yang telah mempelajari dan mengimplementasikan modul 12 NDP di lingkungan sekitarnya.

Baca juga: Asia Philanthropy Circle Dukung Penguatan Budaya Damai dan Toleransi yang Sehat

Beberapa lokasi di Mindanao yang telah menjadi implementer 12 NDP adalah General Santos, Zamboanga, serta Marawi. Di daerah ini, AoPs dari tiga organisasi masyarakat sipil (OMS) lokal membentuk PeaceGen Filipina. Sampai saat ini mereka terus mendampingi anak-anak muda untuk mempelajari pentingnya merawat perdamaian melalui media kreatif dan interaktif.

Hat Yai, Thailand

Modul 12 NDP yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Thai

Perjalanan modul PeaceGen di Asia Tenggara tidak hanya berhenti di Filipina. Salah satu negara yang dikenal sebagai “Negeri Gajah Putih” yakni Thailand juga telah menggunakan modul 12 NDP. Kegiatan ini diprakarsai oleh Nancy Rhonda Wilson warga negara Kanada yang telah berhubungan dengan PeaceGen Filipina selama 17 tahun.

Lalu, Rhonda pindah ke Thailand dan bertemu dengan Malinee Chomnatee seorang guru PAUD/TK di daerah Thailand selatan bernama Hat Yai. Keduanya bergabung menjadi satu tim yang mengajarkan modul 12 NDP. Karena materi dan kemasan yang playful, modul 12 NDP PeaceGen dapat diterima dengan mudah oleh anak-anak di sekolahnya Malinee. Kini, modul 12 NDP tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Thai untuk disebarkan lebih luas lagi di Negeri Gajah Putih tersebut.

Dar es Salaam, Tanzania

Baca juga: TNCT sebagai Langkah Awal Tangani 3 Dosa Besar Pendidikan

OMS di Tanzania

Sekitar 12.000 km dari kawasan Asia Tenggara, terdapat sebuah organisasi yang sedang kesulitan mencari materi pendidikan perdamaian yang cocok untuk diimplementasikan kepada generasi muda yang berasal dari beragam latar belakang berbeda-beda. Mereka adalah OMS perdamaian bernama Maridhiano dari Tanzania, sebuah negara yang terletak di Afrika Timur.

“Bisakah PeaceGen membantu kami mengajarkan perdamaian?”

Begitulah pesan yang masuk dari Tanzania ke dalam email yang kami sambut dengan antusias. Dengan semangat pendidikan yang sama, PeaceGen dengan sigap mencoba membantu mereka mulai dari bantuan modul cetak hingga produksi video pelatihan 12 NDP.

Tak hanya itu, dengan bantuan jaringan AoPs, kami berhasil mengirimkan langsung modul cetak serta merchandise PeaceShop ke Dar es Salaam, Tanzania. Bantuan ini disambut dengan apresiasi dan kebahagiaan yang direkam langsung dari sekolah binaan Maridhiano yang dikirimkan kepada kami. Hal ini menunjukkan penting kolaborasi inisiatif lokal antar negara dalam memperkuat serta meningkatkan kapasitas manusia dalam mencapai perdamaian dunia.

Cuplikan penggunaan modul PeaceGen di mancanegara tersebut merupakan komitmen kami untuk terus mendampingi AoPs dan Sahabat PeaceGen. Dari ketiga negara tersebut, kami mempelajari betapa besarnya dampak yang dapat dicapai dari langkah-langkah kecil dan lokal. Oleh karena itu, kami terbuka untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan perdamaian.

Kurikulum dan training 12 NDP adalah resep rahasia kami yang terbukti sejak 15 tahun yang lalu. Kurikulum 12 NDP menggunakan aspek exponential learning yang membuat pembelajaran perdamaian menjadi mudah dan menyenangkan. Pada training 12 NDP, Anda akan belajar nilai-nilai perdamaian yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, kampus, maupun lembaga Anda.

Akses Informasi lebih lanjut mengenai kurikulum dan training-nya dapat diakses dengan berkunjung ke laman ini. Tertarik untuk mengadakan training serupa? Ingin mengimplementasikan kurikulum 12 NDP di sekolah? Hubungi kami sekarang dengan mengakses laman ini.

Baca juga: Kemah Perdamaian - Runtuhkan Tembok Penghalang Damai di Kemah Kita


Penulis:

Kevin Izzan (Research & Content Writer)


Bagikan