SHIFT: Kolaborasi Antar Generasi Dalam Meningkatkan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

Bandung, 15 - 17 Mei 2024 - PeaceGeneration Indonesia menyelenggarakan Training for Youth - SHIFT untuk meningkatkan kapasitas pemuda dan para aktor senior dalam memahami masalah Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (KBB).

Training Youth - SHIFT diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut di Zest Hotel Jl. Sukajadi No. 16, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 orang peserta yang berasal dari komunitas yang tersebar di kota Bandung dan juga 3 observer dari lembaga swadaya masyarakat nirlaba, lembaga riset, dan organisasi masyarakat sipil, yaitu Search for Common Ground (SFCG), Center for the Study of Religion and Culture (CSRC) UIN Jakarta, dan International NGO Forum on Indonesia Development (INFID). 

Baca juga: Kabar Baik dari Indonesia

PeaceGeneration Indonesia selaku pihak penyelenggara training membawa 18 anggota tim yang terdiri dari 10 orang tim proyek, 2 orang master trainer, dan 6 orang trainer untuk turut serta menyukseskan kegiatan. 

Tujuan utama dari training for Youth - SHIFT ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pendekatan common ground approach dan mengenalkan pendekatan kreatif & seni dalam meningkatkan kebebasan beragama dan berkeyakinan. 

Pada pelaksanaan training, para peserta diberikan pematerian dengan metode Feel, Image, Do, dan Sharing (FIDS) untuk lebih memahami isu kebebasan beragama dan berkeyakinan serta toleransi antar kelompok. Selain itu, juga diberikan ilmu berpikir kritis, resolusi konflik, pendekatan kreatif dalam menyelesaikan masalah, dan ilmu untuk menciptakan creative content dalam mempromosikan isu kebebasan beragama dan berkeyakinan. Setelah mahir dengan Metode FIDS, Youth SHIFT diharapkan dapat membuat proyek kolaborasi dengan aktor Senior SHIFT.

Baca juga: PeaceGen Wakili Indonesia di HLPF (Berbagi Pengalaman Sukses Ajarkan Damai dengan Media Kreatif)

Sebagaimana karakteristik PeaceGeneration sebagai penyelenggara training yang memiliki berbagai macam metode dan media kreatif untuk menyebarkan perdamaian, para peserta  mendapatkan sesi pembelajaran bersifat experiential learning yang seru dan interaktif salah satunya dengan bermain permainan menggunakan Board Game PeaceBaker dari PeaceGen. 

Melalui training ini, PeaceGen mendapatkan umpan balik yang positif dari para peserta, salah satunya peserta dibawah ini yang menyatakan bahwa dengan adanya training ini, beliau menjadi lebih menyadari makna dari toleransi sehingga dapat lebih menghargai dan menghormati keyakinan orang lain. 

"Saya benar-benar menyadari, bahwa perbedaan adalah ketentuan Allah Swt., walau sampai saat ini saya kurang menerima perbedaan seperti Penghayat, Syi'ah atau Ahmadiyah yang menurut saya mereka sangat mengancam kebenaran Islam mayoritas setidaknya saya mau toleransi. Mencoba menghargai apa yang mereka yakini, menghormati hak mereka dan mencari peluang kebersamaan melalui gerakan sosial. Semoga kita semua dapat hidup berdampingan di bumi Indonesia tercinta ini dengan rukun dan memegang teguh sila yang 5. - Peserta SHIFT-

Baca juga: Training for Youth - SHIFT Ciptakan dan Jaga Kerukunan Umat Beragama


PeaceGeneration Indonesia berkomitmen untuk terus meningkatkan pemahaman tentang isu kebebasan beragama dan berkeyakinan serta solusinya dengan cara yang kreatif dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan, seperti Training Youth - SHIFT ini bagi seluruh generasi. 

Bagikan