PeaceGen #AmbilAndil Menyebarkan Energi Perdamaian di Raimuna Nasional XII 2023

CIBUBUR [20/8], PeaceGeneration Indonesia bersama dengan Messengers of Peace Indonesia resmi merampungkan kegiatan kolaborasi pembelajaran 12 Nilai Dasar Perdamaian (NDP) untuk peserta Raimuna Nasional XII 2023 yang berlangsung pada 15-20 Agustus 2023. Acara yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur ini dihadiri langsung oleh 15.000 peserta perwakilan dari 38 provinsi yang ada di Indonesia. Kegiatan ini merupakan bagian dari program PeaceGen yakni #PramukaAbad21 yang bertujuan untuk mendampingi anak dan remaja menjadi lebih tangguh melawan kekerasan di sekelilingnya.


#PramukaAbad21 merupakan respons PeaceGen terhadap maraknya kekerasan yang terjadi pada kalangan belia di Indonesia. Maraknya kasus perundungan atau bullying yang terjadi di 2023 ini telah berdampak pada meningkatnya kekerasan yang dilakukan anak-anak dan remaja kepada pada guru, murid sebaya, hingga sekolah secara umumnya. Kami percaya bahwa diperlukan suatu tindakan kolektif untuk mengakhiri kekerasan pada anak-anak di Indonesia. #PramukaAbad21 terjun langsung untuk mendampingi anak-anak Sekolah Dasar di wilayah Bandung Raya dengan modul interaktif berjudul Petualangan Madaharsa. Tak hanya itu, program ini juga didukung oleh United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) serta Uni Eropa melalui STRIVE Juvenile.


Baca juga: PeaceGen Wakili Indonesia di HLPF (Berbagi Pengalaman Sukses Ajarkan Damai dengan Media Kreatif)

PeaceGen sendiri adalah social enterprise yang berdedikasi di bidang pendidikan perdamaian dan pemahaman lintas budaya di kalangan generasi muda, memilih kolaborasi dengan Messengers of Peace, salah satu program kepramukaan dari World Organisation of Scout Movement (WOSM) yang bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai perdamaian melalui proyek sosial di berbagai lapisan masyarakat. Tujuan kolaborasi ini adalah untuk membekali para peserta Raimuna Nasional XII dengan pemahaman mendalam tentang pentingnya perdamaian dalam kehidupan sehari-hari.


PeaceGen bersama MoP Indonesia mengajak peserta Raimuna Nasional XII yang datang ke area Youth Development Town aktivitas pembelajaran 12 NDP yang dikemas dalam bentuk permainan interaktif berjudul “Coreng Mukaku” dan “Mengenal Indonesiaku.” Setelah mengikuti permainan tersebut peserta mempelajari konsep 12 NDP peserta. Terakhir mereka diajak untuk menyebarkan energi perdamaian dengan mengikuti kampanye #AmbilAndil di media sosial melalui lomba pembuatan konten perdamaian di Instagram Reels. Seluruh rangkaian pembelajaran ini didasari oleh metode andalan PeaceGen yakni Aktivitas, Refleksi, Konsep, dan Aplikasi (ARKA) di mana peserta Rainas diajak untuk mempelajari konsep inklusifitas, toleransi, dan keberagaman yang ada di Indonesia. 


Peserta yang hadir di tenda untuk bermain dan belajar bersama PeaceGen sangat antusias. “Yang saya pelajari dari 12 Nilai Dasar Perdamaian di tenda MoP pertama baru datang sudah diajak main dengan kakak-kakak (fasilitator) nya, menanggapi perbedaan yang ada di Indonesia. Apalagi di Indonesia ini latar belakangnya berbeda-beda, baik suku, ras, bahasa, dan agamanya. Perbedaan itu hal biasa, diskriminasi itu tidak biasa, stop diskriminasi,” ujar I Gusti Komang Tulus Tirtayasa dari Bali setelah mengikuti kegiatan Coreng Mukaku. Total peserta yang hadir langsung bermain dan belajar 12 NDP bersama kami mencapai 450 orang yang tersebar selama lima hari kegiatan Raimuna Nasional 2023.


Turut hadir di acara kami adalah penerima penghargaan MoP Heroes 2016 yang dianugerahkan oleh Raja Swedia Carl XVI Gustav yaitu Kak Jaenal Mutakin atau yang lebih dikenal sebagai Kang Zeze. MoP Heroes asli Kuningan, Jawa Barat ini adalah salah satu Agent of Peace yang dilatih oleh PeaceGen. Kang Zeze sendiri menerima penghargaan MoP Heroes karena proyek sosialnya yang berjudul Scout Journey for Peace di mana ia berkelana bersama anak-anak Pramuka naik kereta dari satu stasiun ke stasiun lainnya membantu penumpang sekaligus menyebarkan energi dan nilai-nilai perdamaian. “Antara kami memiliki semangat dan tujuan yang sama, membudayakan perdamaian dan memberi manfaat bagi masyarakat”, ujar Kang Zeze. 

Baca juga: SHIFT: Kolaborasi Antar Generasi Dalam Meningkatkan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan


Terdapat beberapa respons positif yang PeaceGen terima dari berlangsungnya kolaborasi di Cibubur tersebut. Menurut Koordinator Nasional Messengers of Peace Indonesia Prakoso Permono, kolaborasi yang dilaksanakan oleh PeaceGen adalah bagian dari upaya masyarakat dalam Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Ekstremisme (RAN PE). “Ya, ini memang bentuk kontribusi Pramuka dalam mendukung agenda penting pendidikan budaya damai dan pengabdian masyarakat di Indonesia, sejalan dengan whole of government and whole of society approach”, ujar Kak Pras. Tak hanya itu, National Programme Officer UNODC di Indonesia Ibu Mirza Dwiky juga menyambut baik adanya kegiatan pendidikan perdamaian di Raimuna Nasional 2023. “Harapannya kegiatan ini bisa ditingkatkan lagi ke badan-badan PBB yang lainnya,” tambah Ibu Mirza.


Kolaborasi yang kami lakukan bersama Messengers of Peace Indonesia merupakan bagian kecil dari petualangan PeaceGen untuk program #PramukaAbad21. Kami ingin masyarakat luas khususnya Milenial, orang tua, dan anak muda di Indonesia turut #AmbilAndil jadi support system bantu adik-adik kita menjadi lebih tangguh lawan kekerasan yang disekelilingnya. 


Kenapa harus #AmbilAndil?

Kami percaya bahwa kekerasan yang terjadi pada anak-anak di Indonesia tidak dapat dihentikan hanya dengan mengandalkan individu semata. Mereka butuh dukungan dari teman sebaya, kakak-kakak, guru, orang tua, serta paman dan bibi masyarakat pada umumnya untuk menjadi lebih tangguh. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat turut serta #AmbilAndil untuk mewujudkan masa depan yang aman bagi anak-anak di Indonesia. Mulai dari menyebarkan informasi tentang bahaya kekerasan terhadap anak-anak hingga terjun langsung mendampingi dan mengajarkan nilai-nilai perdamaian bagi kalangan belia, semua punya andil dalam perjuangan kita.

Baca juga: Training for Youth - SHIFT Ciptakan dan Jaga Kerukunan Umat Beragama


Tertarik untuk #AmbilAndil dalam petualangan #PramukaAbad21? Ikuti kami di kanal-kanal media sosial @peacegen.id dan kunjungi laman web www.peacegen.id untuk informasi lebih mendalam seputar pendidikan perdamaian!

Bagikan